Hidupkan Kembali Permainan Tradisional

 384 total views,  2 views today

PALEMBANG – Sejumlah permainan tradisional, kini nyaris punah. Karenanya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudar) Kota Palembang, akan kembali menghidupkan sejumlah permainan tradisional tersebut dengan menyediakan sarana dan fasilitas untuk tempat bermain.

Kepala Disbudpar Kota Palembang, Yanuarpan menyebut Palembang memiliki banyak permainan tradisional seperti bidar, perahu hias, pantak lele, cadangan dan lainnya. Permainan-permainan tradisional itu menurutnya nyaris punah sehingga perlu dilestarikan.

“Kita akan menghidupkan kembali permainan-permainan tradisional tersebut, sebab itu kebanggan kita. Nantinya Disbudpar akan menyediakan fasilitas dan saran untuk tempat bermain,” kata Yanuarpan ketika dibincangi usai menghadiri rapat persiapan HUT Palembang di Gedung Prameswara Pemkot Palembang, Jumat (30/5).

Menurut Yanuarpan, permainan tradisional sangat baik diimplementasikan dimasa sekarang, mengingat di dalam permainan tradisional tersebut, mengandung nilai-nilai kebersamaa dan gotong-royong.

“Permainan tradisional sangat baik jika dihidupkan kembali, karena banyak suatu hal positif didalamnya, khususnya bagi anak-anak. Mengingat saat ini kemajuan zaman banyak disalahgunakan,” ucapnya.

Yanuarpan mengaku, Disbudpar sudah menyiapkan lokasi untuk dijadikan tempat bermain, seperti di depan Palembang Square (PS), Kambang Iwak (KI) dan tempat lainnya. “Kami akan fasilitasi, sehingga keinginan kita untuk menumbuhkan kembali permainan tradisional bisa segera terwujud,” harapnya.

Selain itu, Yanuarpan menambahkan, Disbudpar akan menggelar festival budaya khas Palembang, yang akan diselenggarakan akhir Juli mendatang. “Nanti di acara tersebut, ada seluruh permainan khas Palembang. Kelurahan-kelurahan kita minta untuk mengirimkan pesertanya,” jelasnya.

Yanuarpan menambahkan,  jika permainan khas Palembang ini kembali hidup dan dikenal maka itu akan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke metropolis. “Permainan tradisional ini, bisa menjadi sarana promosi wisata untuk kita,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR        : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster