Disbudpar Kembangkan Wisata Sejarah dan Relegi

 314 total views,  2 views today

Ilustrasi Masjid Agung | Dok KS

Ilustrasi Masjid Agung | Dok KS

PALEMBANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, kini tengah mengupayakan Sumsel menjadi destinasi atau tujuan wisata sejarah dan relegi di Indonesia. Sebab Sumsel menurut Plt Kepala Disbudpar Sumsel, Ahmad Najib, memiliki diberbagai objek wisata Sumsel sejarah dan relegi, yang tidak dimiliki provinsi lain di Indonesia.

“Sumsel ini objek wisatanya, berbeda dengan Bali yang lebih ke pemandangan alamnya. Namun kami terus berupaya untuk Sumsel menjadi destinasi wisata sejarah dan religi, kita optimis wisatawan khususnya domestik akan meningkat tahun ini,” kata Najib yang dibincangi, Jumat (30/5).

Menurut Najib, peluang tersebut terbuka lebar. Apalagi infrastruktur untuk wisata di Sumsel sudah cukup bagus. Sejumlah hotel berbintang kini dibangun, ditambah lagi dengan berkembangnya sektor penerbangan.

“Dengan demikian, wisatawan akan semakin mudah mengakses Sumsel. Tinggal sekarang bagaimana Sumsel menyiapkan itu. Sumsel saat ini, sudah memiliki 47 penerbangan, akses seperti ini menjadi salah satu hal yang mendukung pariwisata. Kita akan kemas sedemikian rupa agar lebih menarik, begitujuga dukungan dari event-event yang berskala nasional dan internasional sehingga Sumsel semakin dikenal wisatawan,” urainya.

Menurutnya, gubernur mengarahkan agar Disbdupar menata kembali objek-objek wisata agar lebih menarik. “Tidak seperti beberapa waktu lalu, yang tampak kotor dan tak terurus. Nantinya objek-objek wisata tersebut akan kita hidupkan kembali, yang ditunjang dengan berbagai hiburan sehingga semakin menarik,” ujarnya

Sementara itu, Direktur Promosi Konvensi, Insentif dan Minat Khusus, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rizki Handayani mengatakan Sumsel dalam skala nasional bagus dalam pengembangan meetings, incentives, conferencing, dan exhibitions (MICE). “Sedangkan dalam skala internasional, Sumsel  lebih dikenal dengan sports tourism karena banyaknya fasilitas dan event olahraga yang digelar,” ujarnya.

Selain itu sambungnya, Sumsel juga cocok untuk international eco tourisms atau wisata alam dengan Sungai Musi, sebagai iconnya. “Sumsel memiliki kekuatan untuk MICE, ini bisa dipasarkan Sumsel dengan kegiatan penunjang seperti sports tourism atau eco tourism,” tukasnya.

 

TEKS          : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster