10 Gugatan PHPU Ditolak MK

 371 total views,  2 views today

Ilustrasi Gedung MK

Ilustrasi Gedung MK

PALEMBANG – Sedikitnya 10 gugatan perkara Perselisihan Hasil Pemillihan Umum (PHPU) 2014  dari Sumatera Selatan (Sumsel), ditolak oleh majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Keputusan tersebut diambil setelah MK, melakukan tiga kali pemeriksaan berkas dan jawaban termohon.

Hasilnya menurut Humas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, Agus Heri Pramono, MK mengeluarkan putusan sela yang isinya menolak gugatan tersebut dikarenakan berkas yang tidak lengkap.

“Sekitar 10 gugatan yang ditolak MK, kalau jumlah pastinya saya tidak hafal. Karena kami fokus pada gugatan untuk tingkat DPR RI dan provinsi,” kata Agus yang dihubungi, Jumat (30/5).

Berapa banyak gugatan yang berasal dari Sumsel masuk ke MK, Agus pun mengaku tidak hafal. “Gugatan yang saya tahu dari PKB untuk DPR RI Dapil 1, Demokrat untuk perorangan, DPRD Kabupaten Banyuasin di Dapil 4, PPP untuk perseorangan di DPRD provinsi Dapil Sumsel 8, PBB untuk DPR RI dapil 1,” bebernya.

Kemudian gugatan dari Partai Hanura untuk DPRD provinsi dari Dapil Sumsel 1, 2, 3, 7, 8. Lalu gugatan untuk DPRD Kabupaten Mura dari dapil 1, Gerindra untuk DPRD Kabupaten Muba di Dapil 4, PPP untuk DPRD Sumsel di dapil 8, dan DPRD Kota Palembang di dapil 3, PBB untuk DPR RI di Dapil 1 dan 2.

Sementara itu Komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi dan Kampanye, Ahmad Naafi saat dihubungi menyebut, ada 196 gugatan yang ditolak MK. Dari 196 gugatan tersebut, 10 diantaranya sebut Naafi, berasal dari Sumsel.  “Total gugatan ke MK asal Sumsel sebanyak 42 gugatan, setelah 10 perkara ditolak artinya hanya 32 gugatan saja yang diterima, untuk dilanjutkan pada sidang berikutnya,” sebut Naafi.

KPU Sumsel sambungnya, siap mengikuti sidang 32 perkara yang telah diputuskan untuk dilanjutkan, pada pembahasan berikutnya. Menurutya, KPU telah menunjuk Adnan Buyung Nasution, sebagai kuasa hukum. “Kita secara teknis hanya menyiapkan dokumen dan bukti, semuanya telah kita siapkan untuk menjawab semua permohonan,” tukasnya.

 

TEKS            : ARDHY

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster