Siswa SMK Bukit Asam Juara Lomba Karya Ilmiah Tingkat Provinsi

 279 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

MUARA ENIM – Sebanyak empat orang siswa SMK Bukit Asam (BA) yang terdiri dalam satu tim mewakili Almamaternya mengikuti lomba karya ilmiah tingkat Provinsi Sumatera Selatan di SMA 17 Palembang belum lama ini. Adalah Riskal, Restu, Hadi, dan Wahyu, mampu mengantarkan SMK BA menjadi juara umum, mengalahkan 12 peserta dari sekolah lainnya.

Bersama guru pembimbingnya, keempat siswa tersebut mengangkat tema “Pemanfaatan Magnet Permanen Sebagai Energi Alternatif Untuk Sepeda Penghasil Listrik”.

Obil Parulian Siregar ST, Guru Pembimbing mengatakan, lomba karya tulis ilmiah SMA, SMK, dan MA tingkat Provinsi Sumatera Selatan ini diadakan pada 5 Mei 2014 lalu. “Awalnya siswa membaca koran dan mendapat informasi ada lomba Karya Tulis Pelajar. Setelah dilaporkan kepada Kepala Sekolah, kami berangkat ke Palembang untuk mengikuti lomba tersebut. Kami membawa materi yang sudah kami siapkan sebelumnya,”ucap Obil kepada koran ini, kemarin (29/5).

Dikatakannya, awalnya tim SMK BA masuk 6 besar dari 12 peserta yang mengikuti. Ketika masuk final, tim bertarung dengan sangat ketat dan kami tetap semangat serta kompak. Akhirnya, tim juri menjatuhkan pilihan kepada SMK BA menjadi juara pertama.

“Alhamdulilah, perjuangan yang susah payah kita lakukan dapat terbayar sudah dengan juara pertama. Tim diketuai Riska Karisandar, anggota Restu Brahim. Tim sukses Hadi Janu Pratama dan Wahyu Pratama. Terima kasih untuk dukungan dari sekolah,”jelasnya.

Usai kegiatan itu, sudah banyak rencana yang akan dilakukan SMK BA kedepan. Rencana tersebut tentunya untuk pengembangan ilmu yang didapat untuk membuat suatu gagasan inovasi energi alternatif.

“Kedepan kita akan merancang sepeda terbang yang menghasilkan listrik,”imbuhnya.

Sementara itu, Riskal, ketua tim SMK BA mengatakan kepada koran ini, dengan mengikuti kegiatan lomba karya tulis ilmiah tersebut dapat menjadi motivasi seluruh siswa SMK BA untuk memacu diri. Ia menginginkan, keberhasilannya tersebut dapat dicontoh oleh teman-temannya di sekolah.

“Yang jelas kita berharap kepada teman-teman untuk dapat mencontoh keberhasilan kita. Mudah-mudahan prestasi ini mendongkrak nama baik sekolah,”pungkasnya.

 

Teks : SISWANTO

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster