BSB Perbanyak Penyebaran Mesin EDC

 459 total views,  4 views today

Ilustrasi BSB

Ilustrasi BSB

PALEMBANG – Upaya Bank Sumsel Babel (BSB) untuk mendukung program pemerintah dan Bank Indonesia untuk mengurangi transaksi langsung dan menggunakan mesin EDC atau (Electronic data capture) mulai berjalan bagus, pasalnya hampir 60 persen dari total nasabah sudah menggunakan layanan EDC, namun untuk penyebaran sendiri masih terpusat di Kota Palembang.

Direktur Umum Bank Sumsel Babel Iskandar mengungkapkan, saat ini BSB sudah menyebar mesin EDC 500 unit di merchen yang sudah bekerja sama, namun penyebaran mesin tersebut masih terpusat di Kota Palembang. Dari total mesih yang sudah di pasang, lebih dari 200 mesih ada di Palembang, sementara sisanya tersebar di Kabupaten/Kota di Sumsel, hal ini menunjukan penyebaran belum merata.

“Salah satu fokus utama untuk membiasakan masyarakat bertransaksi menggunakan mesin tentu dengan memperbanyak penyebaran mesin EDC bukan hanya di kota besar saja namun perlu merata di semua daerah, saat ini kita hanya perlu meningkatkan pemahaman kepada nasabah, bahwa melakukan pembayaran itu tidak mesti harus menggunakan uang cash namun bisa dilakukan dengan menggunakan kartu ATM,” ungkap dia usai acara gathering merchen BSB di Bukil Golf Resto, Kamis (29/5).

Menurut Iskandar, untuk melakukan pemerataan penyebaran mesin EDC, BSB terlebih dahulu memfokuskan kota-kota besar yang memiliki mall dan banyak minimarket, sebab mal merupakan ciri kemajuan budaya transaksi pembayaran. “Kota-kota yang maju seperti Lubuklinggau, Pagaralam maupun Baturaja tentu memiliki progras yang bagus dalam penyebaran mesin, sebab percuma mesin banyak di pasang jika nasabah yang ada masih takut untuk melakukan pembaran menggunakan mesin tanpa uang cash,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Bank Sumsel Babel menggelar gathering merchent sekaligus memberikan penghargaan bagi 5 merchen terbaik. Iskandar dalam sambutannya mengungkapkan, pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi bagi pengguna mesin EDC BSB.

“Saat ini BSB sudah menyebar mesin EDC sekitar 500 unit. Tren penggunaanya menglami peningkatan, hal ini bisa terlihat dari nominal transaksi yang mencapai Rp10 juta tahun ini,” ungkapnya.

BSB memberikan penghargaan kepada 5 merchen terbaik, hadiah yang diberikan dalam bentuk deposito. Pemenang pertama mendapatkan hadiah Rp8 juta, kedua Rp7 juta, pemenang ketiga mendapatkan Rp6 juta, pemenang keempat mendapatkan deposito Rp5 juta dan pemenang kelima Rp4 juta.

“Kita akan terus ditingkatkan, sebab merchen bisa membantu nasabah melakukan transaksi pembayaran,” jelas dia.

TEKS    : AMINUDDIN

EDITOR  : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster