Renovasi Monpera Baru 50 Persen

 507 total views,  2 views today

Ilustrasi Monpera | Dok KS

Ilustrasi Monpera | Dok KS

PALEMBANG – Kelanjutan renovasi Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) baru akan dilaksanakan akhir tahun ini , karena harus menunggu Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan. Saat ini, renovasi Monpera, baru 50 persen saja yang diselesaikan.

“Saat ini kami baru membuka pagarnya saja, karena berdasarkan instruksi wali kota, taman-taman harus menjadi milik publik. Selama ini sebagian taman dibuat pagar, ketika ingin masuk dikenakan biaya,” kata Kepala Dinas Tata Kota (DTK) Palembang, Isnaini Madani yang dibincangi belum lama ini.

Isnaini mengatakan nantinya di kawasan Monpera, akan dibangun taman. Konsepnya, dibuat terbuka, agar setiap pengunjung bisa masuk dari seluruh penjuru taman. Selain itu, nantinya akan diberikan lampu-lampu hias, agar ketika malam lebih terang dan tidak menimbulkan tindakan kriminal.

Dalam renovasi lanjutan nantinya terang Isnaini, DTK akan menambahkan air mancur menari di antara lantai keramik, serta dilengkapi dengan lampu latar warna warni. Sehingga dapat lebih cantik lagi, ketika air mancur dihidupkan.

Lantai Monpera juga bebernya, dibuat multi fungsi. “Maksudnya, maksudnya saat pelataran taman diperlukan sebagai lokasi pameran maka air mancur tersebut tidak dioperasionalkan untuk sementara waktu. Taman ini juga dapat dibuat sebagai ajang show,” terangnya.

Isnaini juga menjelaskan, nantinya juga bakal disediakan banyak tempat duduk terbuka dengan bentuk bangku taman melingkar bulat, lengkap dengan peneduh diatasnya yang berbentuk seperti payung besar. “Bangku taman bakal ditanami pohon tumbuhan menjalar agar rimbun hijau, dan sebagai peneduh alami,” urainya.

Selain itu, sisi luar taman Monpera yang saat ini difungsikan sebagai lokasi parkir juga akan dirubah menjadi pulau taman, agar terlihat semakin cantik dan menarik. Aneka bunga dan tamanan hidup akan ditanam sehingga terkesan asri dan tidak gersang, seperti saat ini. “Kami masih melakukan renovasi tetapi untuk finishingnya menunggu APBD Perubahan. Nantinya kalau sudah selesai, Monpera dipastikan akan tambah indah,” ujarnya.

Isnaini menambahkan, renovasi tersebut dilakukan, agar menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Palembang, mengingat kurangnya tempat wisata yang ada di Palembang selain dari Benteng Kuto Besak (BKB). “Semoga nanti Monpera ini menjadi salah satu icon untuk Kota Palembang,” tukasnya.

 

TEKS            : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster