Polwan di Sumsel Masih Minim

 1,034 total views,  2 views today

Ilustrasi Polwan | Ist

Ilustrasi Polwan | Ist

PALEMBANG – Tingginya minat wanita di Sumatera Selatan (Sumsel) untuk menjadi anggota Kepolisian Republik Indosesia (Polri) membuat Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel mengusulkan adanya penambahan kuota untuk lingkungan Polda Sumsel.

Apalagi, beberapa provinsi tidak cukup memenuhi kuota Polisi Wanita (Polwan) yang ditetapkan karena peserta yang ikut tes banyak yang gugur.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumsel, Inspektur Jendrel Polisi (Irjend Pol) Saud Nasution, mengatakan, kuota 223 untuk dilingkungan Polda Sumsel dirasa masih kurang mengingat Polda Sumsel dan jajaran sangat membutuhkan polwan dalam jumlah banyak.

Apalagi, minat gadis Sumsel untuk menjadi Polwan cukup tinggi mengacu dari banyaknya yang ikut seleksi penerimaan Polwan tahun ini.

“Untuk itu, kita mengajukan penambahan kuota Polwan untuk Polda Sumsel dan jajaran. Terlebih, beberapa daerah tidak mampu memenuhi kuota polwan yang sudah ditetapkan karena sedikitnya peserta yang lulus hingga tahap akhir,” kata Saud.

Sebab itu, Saud berharap sisa kuota Polwan yang tidak mampu dipenuhi beberapa Polda di Indonesia diberikan kepada Polda Sumsel dan jajaran. Permohonan ini sudah disampaikan Saud namun belum ada tanggapan dari Mabes Polri sampai saat ini.

Saat ini, penerimaan Polri di lingkungan Polda Sumsel sudah masuk tahap wawancara. Ada 269 calon polwan yang mengikuti tes wawancara. Jika memang ada penambahan kuota untuk Polda Sumsel dan jajaran, 269 calon polwan ini direncanakan seluruhnya diterima untuk menjadi anggota Polri.

“269 merupakan calon polwan yang lulus tes kehamilan dan sekarang ikut tes wawancara. Jika memang ada penambahan kuota, seluruh peserta direncanakn diterima untuk menjadi anggota Polri,” kata Saud.

Seperti diketahui, Polri membuka lowongan penerimaan polwan sebanyak 7000 lebih. Dari jumlah itu, Polda Sumsel dan jajaran kebagian kuota polwan sebanyak 223.

 

Teks : Oscar Ryzal

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster