Muaraenim Raih WTP

 240 total views,  2 views today

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim, berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim, berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim, berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), atas hasil audit laporan Keuangan Pemkab Muaraenim tahun 2013.

WTP sendiri, adalah penilaian tertinggi yang diberikan BPK terhadap hasil audit laporan keuangan pemerintah daerah. Hasil audit laporan keuangan untuk Kabupaten Muaraenim 2013 ini, Rabu (26/5), diserahkan oleh Kepala BPK Perwakilan Sumsel, Novy G.A Pelenkahu kepada Bupati Muaraenim, Ir H Muzakir Sa’i Sohar dan Ketua DPRD Muaraenim, M Thamrin AZ.

Opini WTP ini merupakan opini pertama yang diperoleh Pemkab Muaraenim, karena pada tahun sebelumnya hanya memperoleh Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Hal ini berkaitan pula dengan tahun pertama, pada masa jabatan Bupati periode 2013-2018.

“Memang benar kita mendapatkan predikat  terbaik dalam laporan pengelolaan keuangan daerah, yaitu WTP,”  kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Muaraenim, Rinaldo, SSTP, MSi didampingi Kasubag Humas, Elly Martini, Kamis (27/5).

dengan diraihnya predikat itu, memberikan arti bahwa pengelolaan seluruh aktiva dan passiva yang dimiliki dan dikuasai Pemkab Muaraenim sepanjang menyangkut hal-hal material, telah dikelola, dilaporkan dan dipertanggungjawabkan dengan baik, akuntabel, transparan dan full disclosure, serta telah disajikan sesuai dengan prinsip-prinsip dan standar akuntansi pemerintahan yang berlaku.

Sementara itu, Bupati Muaraenim, Ir H Muzakir Sa’i Sohar yang dibincangi usai mendapatkan penghargaan, mengatakan atas nama Pemkab Muaraenim, ia memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi dan terima kasih, atas upaya dan pembinaan yang telah dilakukan BPK selama ini.

Sehingga kata Muzakir, laporan keuangan Muaraenim memperoleh penilaian dengan predikat terbaik. “Kedepan, kami menghimbau agar apa yang telah baik selama ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Sehingga temuan audit yang bersifat keuangan akan semakin sedikit baik, dari jumlah temuan maupun dari segi nominal temuan audit,” ucap Muzakir.

Dalam kesempatan itu, Muzakir juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaannya kepada Kepala BPKP yang telah banyak membantu dalam bentuk sosialisasi, asistensi, bimbingan teknis pengelolaan keuangan dan aset daerah, pemyediaan program aplikasi keuangan dan aset daerah serta tak kalah pentingnya adalah kesediaan BPKP untuk mempekerjakan dua orang pegawai BPKP di Pemkab Muaraenim.

“Kedepan, , untuk mempertahankan predikat terbaik ini, tidaklah mudah dan diperlukan langkah-langkah strategis, kemauan, budaya kerja yang disiplin dan berkesinambungan dalam pengelolaan keuangan daerah dan asset daerah oleh seluruh SKPD Pemkab Muaraenim,” tukasnya. (adv)

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster