Juli, DED Musi IV Selesai

 514 total views,  2 views today

PALEMBANG – Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) Taruna Jaya memastian, proses pembuatan Detail Engineering Development (DED) Jembatan Musi IV, memasuki tahap penggalian data kedalaman sungai dan topografi, untuk menentukan titik pondasi pilar.

“Saat ini juga dilakukan tahap penghitungan, memperkirakan luas bentang utama jembatan tersebut, yang diperkirakan memiliki bentang lebih dari 100 meter,” kata Taruna saat dihubungi, Selasa (27/5).

Taruna mengatakan,  data tersebut sudah dikumpulkan dan di laporkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum (PU), untuk di diskusikan, guna memutuskan dimana tiang pancang bentang jembatan didirikan,

Dari data yang dikumpulkan sebutnya, diperkirakan bentang jembatan akan dimulai dari tepian Sungai Musi atau tepatnya di samping Pelindo, karena dasar Sungai Musi yang paling dalam ternyata ada di pinggir, bukan di tengah seperti perkiraan sebelumnya.

“Untuk penentuan tiang pancang  jembatan akan mempengaruhi bentang jembatan. Semakin tinggi bentang jembatan, maka jembatannya harus lebih panjang dan lebar, agar bentuknya sesuai. Semoga saja, hasil akhirnya disepakati Kemenetrian PU tidak jauh berbeda dananya dengan pembangunan duplikasi Jembatan  Musi II yang berkisar Rp 300-500 miliar,” harapnya.

Sambungnya, penyelesaian DED Jembatan Musi IV tersebut diperkirakan akan rampung akhir Juli. Sehingga pada Agustus bisa dilakukan dan September, pembangunan dimulai. “Untuk tahap awal, dipastikan pemasangan tiang pancang. Kemudian diikuti dengan pengerjaan pembangunan lainnya. Sesuai taksiran awal, pembangunan akan dikerjakan dalam tahun jamak,” bebernya.

Selain itu, pihaknya berharap kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang untuk segera melakukan sosialisasi kepada warga, yang lahannya akan tergusur akibat pembangunan.”Semakin cepat dilakukan sosisalisasi, semakin cepat progres pembangunan, jangan sampai hal tersebut menghambat proses pembangunan,” ulasnya.

Sebelumnya Kepala Bagian (Kabag) Agraria dan Batas Wilayah, Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang, Fahmi Fadillah mengatakan, pemkot saat ini masih menunggu data dari PPK BBJN , untuk mengetahui berapa banyak lahan warga yang harus dibebaskan dalam pembangunan Jembatan Musi IV. “Kami masih menunggu, karena yang mendata adalah mereka dan Badan Pertanahan Nasional (BPN),” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster