Harga Cabai Merah Anjlok

 260 total views,  2 views today

Cabai

Ilustrasi Cabai

PAGARALAM – Sempat mengalami harga tertinggi hingga menembus Rp. 60 ribu per kilogram beberapa bulan terakhir, membuat para petani Cabai di Kota Pagaralam panen rezeki.

Namun harga cabai merah saat ini turun drastis, bahkan anjlok hingga Rp 10 ribu perkilogram, sebelumnya mencapai Rp 30 ribu perkilogram. Kerugian itu begitu dirasakan para petani yang ada di Kawasan Gunung Dempo Kota Pagaralam, karena salah satu komoditi unggulan tersebut, rasanya  sudah tidak sepedas lagi harganya.

Tomo (65), salah satu  petani cabai setempat  mengatakan, dengan adanya penurunan harga cabai sejak beberapa bulan terakhir  dapat dipastikan akan rugi besar. Mengingat harga pasaran saat ini sangatlah tidak sesuai dengan jumlah modal yang dikeluarkan, mulai dari pembibitan, pananaman, pemeliharaan hingga panen.

“Untuk modal penanaman cabai  sudah mencapai Rp. 10 ribu- Rp.12 ribu perpohon. Itu tidak termasuk jika terjadi adanya serangan hama. Sementara harga cabai merah dipasaran  saat ini dihargai  Rp 10 ribu per kilogram dan Rp 6 ribu untuk cabe  hijau per kilogram,” jelas Tomo dengan nada sedikit sewot, kemarin (275).

Hal senada dikemukakan Ruslan, petani lainnya mengaku, jika harga cabai terus anjlok dapat dipastikan para petani akan mengalami kerugian yang tidak  sedikit. “Ya, untuk harga Rp. 10 ribu/kilogram saja sudah sulit untuk mengembalikan modal, apalagi akan turun lagi,” ujarnya seraya berkata guna memperkecil nilai kerugian sebagian petani mulai menslang-slingi berbagai jenis sayuran lainnya.

Sementara itu Kepala Disperindagkop UKM PP Kota Pagaralam, Rahmat Madroh SSos mengatakan, soal naik turunnya harga komoditi dipasaran sudah sesuai dengan mekanisme pasar.

“Namun kita hanya sebatas mengawasinya saja, selebihnya bukan wewenang kita,” singkatnya.
TEKS:ANTONI STEFEN

EDITOR:RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster