Bupati DL, Pemkab Empat Lawang Sepi

 293 total views,  2 views today

 

EMPAT LAWANG – Sudah bukan rahasia umum lagi, suasana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang akan sepi saat bupati dan wakil bupati, tidak ngantor. Walau sudah kerap ditegur dan dilakukan pembinaan, namun tingkat kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati tersebut, tetap saja menjadi sorotan.

“Sudah biasa, kalau bupati dinas luar (DL), pemkab dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), akan sepi. Mungkin pejabat dan staf  juga ikut DL,” ungkap salah seorang PNS di lingkungan Pemkab Empat Lawang, kemarin.

Kondisi ini diakui Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Empat Lawang, Reza Fahlefi. “Ya, bupati pun marah. Selalu mendapat laporan, banyak PNS kurang disiplin,” ungkap Reza seraya menjelaskan, pihaknya terus berupaya melakukan penertiban, mulai dari razia di lingkungan pemkab hingga penertiban PNS berkeliaran di pasar saat jam dinas.

Namun demikian kata Reza, hendaknya kesadaran disiplin pegawai itu ada dari diri PNS itu sendiri. Bukan mesti diberikan sanksi dahulu, baru ada perubahan kelebih baik. Kalau sekarang kondisinya sebut Reza, saat orang nomor satu di Empat Lawang melakukan  DL, maka dipastikan banyak kantor yang sepi.

Sebelumnya Sekda Empat Lawang, H Basri Soni, mengakui kedisiplinan PNS di Kabupaten Empat Lawang, masih membuatnya geram. Ia menyebut, saat bupati atau wabup tidak ngantor, maka PNS menghilang dari kantor.

Padahal kata Basri, seorang abdi negara bukan saja bertanggung jawab kepada pimpinan, namun lebih utama bekerja untuk negara. “PNS itu bukan bertanggungjawab kepada bupati saja, tetapi kepada negara,” tegasnya.

Apabila PNS itu tahu tanggung jawabnya terang Basri, maka PNS tersebut tahu akan tugas yang diembannya itu, semata-mata untuk kepentingan rakyat.  Ia menyebut, semua PNS harus tahu kalau mereka itu digaji oleh rakyat.  Artinya mengabdi untuk masyarakat itu, perlu ditanamkan di setiap benak PNS.

Basri memastikan, akan segera meningkatkan kedisiplinan para PNS, dengan terus mengaktifkan inspeksi mendadak (sidak) di semua SKPD di lingkungan Pemkab Empat Lawang.

“Tak hanya sekedak sidak, PNS yang ketahuan bolos saat jam kerja tanpa alasan jelas, maka dipastikan akan diberikan sanksi tegas. Ini penting kita lakukan, guna menuju pelayanan prima,” tukasnya.

 

TEKS           : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster