Sumsel Kekurangan Polhut

 292 total views,  2 views today

Kepolisian Kehutanan | Antaranews.com

Kepolisian Kehutanan | Antaranews.com

PALEMBANG – Tenaga Kepolisian Kehutanan (Polhut) di Sumatera Selatan (Sumsel), masih terbilang sedikit jika dibandingkan dengan luas hutan. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sumsel, Sigit Wibowo saat dbincangi, kemarin.

Sigit menyebutkan, saat ini jumlah Polhut di Sumsel hanya mencapai 125 orang. “Kalau melihat luas hutan di Sumsel yang mencapai 4,42 juta hektar atau 40,43 persen luas wilayah Sumsell, jumlah Polhut yang hanya 125 orang tersebut tidak sangat jauh dari kata ideal bahkan bisa dikatakan minim,” kata Sigit.

Dengan masih minimnya anggota Polhut tersebut terang Sigit, ini menjadi suatu masalah yang harus dikerjakan oleh pemerintah kabupaten/kota,  karena perekrutan bisa melalui atau dilakukan oleh kabupaten/kota. “Adapun sistem untuk perekrutan bisa dilakukan pihak kabupaten/kota. Jadi tak perlu menungu dari pusat maupun dari provinsi,” ucap Sigit.

Namun untuk pendidikan polhut yang direkrut oleh kabupaten/kota tersebut jelas Sigit, tetap dilakukan oleh Kementrian Kehutanan. “Pendidikan ini, dilakukan guna mendapatkan sertifikasi sebagai anggota polhut,” ungkapnya.

Saat ditanya berapa idealnya jumlah Polhut, yang seharusnya dimiliki Sumsel. Sigit menjelaskan, untuk jumlahnya secara detail, ia lupa berapa.  “Untuk jumlahnya saya lupa, namun yang jelas satu anggota polhut itu bisa mengawasi sekitar 5000 sampai 10.000 hektar,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster