Pungli PSB Harus Dipidanakan

 244 total views,  2 views today

MUARAENIM – Agar penerimaan siswa baru (PSB) mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA di Kabupaten Muaraenim, benar-benar bebas dari terjadinya praktik jual beli bangku atau adanya pungutan liar (pungli), maka oknum kepala sekolah yang melakukan hal tersebut harus dipidanakan.

Dalam setiap PSB menurut anggota Komisi I DPRD Muaraenim, Kuyung Rizal, adanya dugaan praktik jual beli bangku dan pungli tersebut selalu terdengar setiap tahunnya. Namun untuk membuktikannya kata Kuyung, sulit.

“Karenanya, kalau ada wali siswa yang merasa dirugikan atau dimintai sejumlah uang agar bisa  masuk sekolah oleh oknum kepsek, sebaiknya laporkan ke polisi biar diusut dan diproses, “ kata Kuyung, kemarin.

Menurut Kuyung, pungli dalam PSB tersebut sudah bisa dikatagorikan sebagai korupsi. Sebab itu dilakukan oleh Pegawa Negeri Sipil (PNS). Atau dengan kata lain, ada penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan oknum PNS, untuk memperkaya diri sendiri atau kelompok, sehingga masuk dalam ranah korupsi.

“Kita menginginkan, PSB benar-benar bersih. Siapa pun siswanya, jika memiliki kemampuan dan kompetensi dan layak diterima di sekolah unggulan harus diterima, begitu juga sebaliknya, jika tidak memenuhi syarat harus ditolak,” tegas Kuyung.

Namun Kuyung berharap, di Kabupaten Muaraenim tidak terjadi pungli dalam PSB mendatang. Ini tegasnya penting, untuk menjaga nama baik sekolah dan dunia pendidikan di Muaraenim.

Kuyung juga menyoroti tingginya jumlah siswa SMA/SMK/MA di Kabupaten Muaraenim, yang tidak lulus dan Ujian Nasional (UN). Bahkan jumlah siswa SMA sederajat yang tidak lulus UN di  Muaraenim, adalah tertinggi di Sumsel.

“Kenapa banyak siswa tidak lulus, tentunya ini menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi sekolah dan Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Muaraenim. Harusnya, dievaluasi, apa penyebabnya. Apakah salah dalam pola pengajarannya, atau memang kualitas tenaga pendidik yang tidak merata,” tukasnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster