Indonesia Targetkan Juara MTQ Internasional

 292 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Sumatera Selatan (Sumsel), akan menjadi tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat internasional, pada 23 September mendatang. Dalam ajang tersebut, kafilah dari Indonesia ditargetkan menjadi juara.

Target ini diyakini Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumsel, Nawawi Dencik, bisa dicapai. Menurut Nawawi, qori dan qori’ah Indonesia memiliki peluang untuk menjadi juara pada cabang tilawah (membaca Alquran dengan berirama atau berlagu),” kata Nawawi.

Menurutnya, jika berkaca pada ajang yang sama sebelumnya, qori dan qoriah Indonesia lebih unggul dibandingkan negara-negara dari kawasan Asia Tenggara lainnya.  “Untuk cabang ini kita optimis juara, karena untuk cabang ini, Indonesia lebih unggul dari negara-negara asia tenggara lainnya. Contohnya waktu di Malaysia, kita keluar sebagai juara untuk cabang ini dan di Iran begitu juga,” kata Imam besar Masjid Agung ini.

Nawawi menjelaskan, di cabang tilawah ini, negara-negara arab tidak mengirimkan perwakilannya. Karena negara-negara dari jazirah arab tidak memiliki qori dan qoriah untuk cabang tilawah.

“Kalau yang tilawah kita optimis meraih juara. Namun untuk cabang hafiz (hafalan Alquran hingga 30 juz), kita harus berjuang lebih keras. Karena untuk lomba ini, semua negara-negara arab, notabenenya lebih unggul atau menguasai ikut serta semua, terutama Arab Saudi. Tapi mudah-mudahan di cabang ini juga kita menjadi juara,” jelasnya.

Untuk mencapai target juara pada pergelaran MTQ international tersebut terangnya, LPTQ saat ini sedang melakukan pemusatan latihan bagi para qori dan qoriah yang mewakili Indonesia.

“Pelatihan untuk qori dan qoriah dilakukan di Asrama Haji Palembang, dan sudah berlangsung selama 5 hari. Untuk melatih qori dan qoriah ini, kita panggil dari pusat,” ungkap Nawawi.

Nawawi menambahkan, untuk qori dan qoriah yang mewakili Indonesia pada ajang tersebut, semuanya adalah qori dan qoriah yang berasal dari Sumsel. “Qori dan qoriah yang menjadi pemenang dalam MTQ tingkat provinsi di Kabupaten Lalu, akan mewakili Indonesia di ajang ini,” ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan persiapan pelaksanaan MTQ internasional di Sumsel, telah mencapai 50 persen. “Kegiatan ini diikuti 53 negara dan dilaksanakan di Palembang Sport and Convention Center (PSCC). Pelaksanannya nantinya, akan berbeda dengan ajang yang sama sebelumnya,” terang Alex.

“Di MTQ tingkat internasional ini, ada dua cabang yang diperlombakan yakni tilawah dan hafiz, baik putra maupun putri. Untuk jurinya berasal dari enam negara yaitu Iran, Saudi Arabia, Prancis, Uni Emirat Arab,  Yordania dan Indonesia,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR            : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster