Rumah Pribadi Harus Sediakan IPAL

 333 total views,  2 views today

rumah murah

Ilustrasi Rumah | Dok KS

PALEMBANG – Untuk mengantisipasi pencemaran lingkungan khususnya di Sungai Musi, maka dalam pembangunan rumah pribadi maupun perumahan di wajibkan untuk menyediakan instalasi pengelolaan air limbah (IPAL).

Kepala Dinas Tata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan Peraturan Wali Kota (Perwali), agar seluruh warga menyediakan IPAL ketika membangun rumah.

“Jadi, setiap ingin mengurusan izin mendirikan bangunan (IMB), warga diwajibkan menyertakan pengajuan IPAL rumah pribadi, begitu juga perumahan,”ungkapnya ketika dibincangi, Jumat (23/5).

Sambung Isnaini, dalam mengurus IMB jika disertai pembangunan IPAL, dipastikan IMB tidak akan disetujui. Menurutnya, saat ini Perwali yang mengatur pembangunan IPAL rumah pribadi tersebut, tengah dalam pembahasan. “Setelah selesai baru akan digodok, kemudian disosialisasikan kepada masyarakat. Insya Allah aturan itu, akan mulai diberlakukan Juli mendatang,” tegasnya.

Isnaini menjelaskan, keberadaan IPAL tersebut memang sangat diperlukan.  “Pengolahan limbah dilakukan dengan sistem terpisah, jadi tinja dan cairan deterjen dibantu bubuk bakteri airolisi untuk membunuh bakteri berbahaya,”jelasnya.

Sehingga sambungnya, sistem IPAL tersebut limbah yang dibuang ke drainase tidak lagi mengandung zat beracun, yang terkandung dalam detergen maupun sabun mandi. “Aliran air ke Sungai Musi sudah sesuai dengan baku butu dan tidak lagi merusak lingkungan, kami takutkan jika zat beracun terus mengalir ke Sungai Musi maka kualitas air akan menurun, bahkan ada racun. Nah semua itu jangan sampai terjadi,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster