Polisi Bagi-bagi Bunga, Permen dan Teh Gelas ke Pengendara

 311 total views,  2 views today

Aksi bagi bunga Satlantas Polres OKI kepada pengendara di Kayuagung.

Aksi bagi bunga Satlantas Polres OKI kepada pengendara di Kayuagung.

KAYUAGUNG – Satlantas Polres Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI),  bagi-bagi bunga kepada pengendara kendaraan roda dua dan roda empat yang mentaati aturan berlalu lintas di jalan letnan Mucktar Saleh dan jalan Letnan Darna Jambi. Kegiatan ini, untuk mengedepankan pendidikan masyarakat yang lebih tertib.

Kapolres OKI AKBP Erwin Rachmat SIk melalui Kasat Lantas AKP Tamimi SH didampingi Iptu Amalia SH, Jumat (23/5) mengatakan, oprasi simpatik ini merupakan wujud pelaksanaan kegiatan prepentif yang mengedepankan kegiatan pendidikan masyarakat kepada pengendara roda dua maupun roda empat yang mematuhi dan memakai helm, serta membawa kelengkapan surat kendaraan akan mendapat bunga sebagai bentuk partisipasi dari polres.

Dari operasi tersebut, pihak lantas melakukan pengecekan surat-surat pengendara, dan melakukan teguran serta himbauan agar tetap memperhatikan aturan berkendara. Untuk Ops simpatik ini akan diterapkan tiga langkah utama yaitu, diantaranya teguran, pencegahan serta penindakan kepada pelanggar lalu lintas.

Sasaran utama dari kegiatan tersebut, adalah sepeda motor dan kendaraan mobil yang tidak dilengkapi dengan surat-surat, SIM, STNK dan kelengkapan kendaraan,  spion, lampu, helm, dan perlengkapan.

“Kelengkapan surat ini sangat penting bagi pengguna kendaraan, karena ini bukan semata-mata polisi mencari kesalahan tetapi mengatur lalulintas agar perjalanan pengguna jalan lancar,” ujar Tamimi yang didampingi KBO Lantas Iptu Amalia SH.

Untuk itu, dengan melaksanakan operasi simpatik 2014, juga diharapkan dapat membangun kepercayaan masyarakat terhadap polri guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hukum dalam bidang keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta upaya pencegahan terjadinya kecelakaan lalulintas.

“Selama operasi ini hanya terdapat satu kasus kecelakaan motor yang terjadi di Desa Bulu Cawang Kecamatan Kota Kayuagung korban luka berat, dengan adanya kasus ini kita menghimbau kepada masyarakat untuk dapat benar-benar mentaati serta mematuhi rambu-rambu lalulintas,” tutur AKP Tamimi.

Ditambahkan Iptu Amalia SH, selain memberikan setangkai bunga kepada pengendara kendaraan yang surat kendaraannya lengkap juga diberikan permen dan air teh gelas, tanda kehormatan pihak kepolisian lantas OKI.

“Alhamdulillah razia yang dilakukan ini, bukan hanya menilang kendaraan saja, tetapi memberikan saran dan pendapat serta teguran kepada pengendara,” ujar Amilia seraya berucap yang salah tak mesti ditilang.

Sementara itu, Jon Heri, warga Kayuagung,  ketika dihentikan kendaraan oleh perwira cantik  tadi sangat terkejut. Karena, razia yang dilakukan ini sedikit berbeda. Tidak ada kendaraan yang terkandangkan. Malahan, pengendara mendapat rangkaian bunga bak cewek mengasihkan bunga kepada cowoknya.

“Kalau ditanya kaget ya, pasti kaget pak, tapi saya yakin kendaraan yang saya bawa lengkap, lagian saya memiliki surat izin mengemudi,” kata Jon Heri seraya bangga dengan tindak tanduk yang dilakukan oleh satlantas yang semakin dekat dengan pengendara.

“Pokoknya Lantas OKI OK,” tandasnya.

 

TEKS   : DONI AFRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster