KPU Pastikan Berita Acara Sesuai Fakta

 282 total views,  2 views today

 

EMPAT LAWANG – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Empat Lawang memastikan, laporan atau berita acara pembukaan kotak suara, guna melengkapi berkas Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), disampaikan sesuai fakta.

“Kami laporkan pada berita acara faktanya, tidak boleh ada rekayasa apapun,” tegas Ketua KPU Empat Lawang A Rivai melalui Komisioner Bidang Logistik, Iskandar Imran, kemarin (23/5).

Kata Iskandar, sesuai intruksi KPU RI, bahwa KPU kabupaten/kota diminta melengkapi berkas PHPU atas gugatan parpol dan caleg ke Mahkamah Konstitusi (MK). Nah, itu sudah dilakukan termasuk pembukaan kotak suara, disaksikan langsung segenap komisioner KPU, Panwas, kepolisian dan saksi parpol.

Terkait temuan ada kotak suara tanpa dokumen C1 atau lainnya menurut Iskandar, tetap akan dilaporkan, melalui berita acara. Sesuai jadwalnya jelasnya, hari ini (Jumat) berkas file PHPU di Kabupaten Empat Lawang dikirim ke MK. “Kita laksanakan tugas sesuai petunjuk, secara transparan tanpa ada tekanan dari pihak manapun,” tegasnya.

Sementara itu Komisioner KPU Empat Lawang, Majid menambahkan, KPU telah memenuhi tugas dari KPU RI untuk melengkapi berkas PHPU ke MK. Dengan mengundang beberapa pihak yang berkompeten diantaranya kepolisian, panwaslu, dan saksi parpol, Selasa (20/5) lalu, KPU sudah membuka kotak suara.

Selanjutnya terang Majid, KPU akan mengirimkan berkas file yang diminta oleh KPU RI maupun MK. Atau setidaknya yang disengketakan oleh pihak penuntut. Bagaimanapun hasilnya, KPU Empat Lawang tegas Majid, KPU Empat Lawang akan menerima. “Kita hanya mengirimkan berkas file, sesuai dengan apa yang terbuktikan pada kotak yang kita buka. Terutama pada kotak yang diminta oleh KPU RI maupun MK,” imbuhnya.

Diinformasikan sebelumnya, tercatat ada empat sengketa atau gugatan PHPU ke MK, baik dari parpol ataupun caleg. Antara lain gugatan dari PDI Perjuangan, dengan gugatan pemohon atas nama Rendi Andrea Sapurta, caleg DPRD Empat Lawang dari dapil IV ( kecamatan Talang Padang, Ulu Musi dan Pasemah Air Keruh).  Pemohon menggugat hasil rekapitulasi KPU di tiga TPS Desa Muara Kalangan, Kecamatan Ulu Musi.

Gugatan kedua disampaikan PBB, mengenai rekapitulasi perolehan suara di dapil III (Kecamatan Pendopo, Pendopo Induk dan Sikap Dalam). Selanjutnya gugatan ketiga dari PKPI. atas nama ketua partai tersebut yang menggugat tidak tercapainya IT 3,5 persen dan rekapitulasi suara di dapil IV. Gugatan ke empat, dari Partai Hanura atas nama caleg Elya Sukur dan Very Martaviansyah.

Ada juga gugatan rekapitulasi suara atas nama provinsi DPR RI, Didi Efriadi. Selain itu ada dari Hanura dan PKPI Gugatan TPS di Ulu Musi, Batulintang, Talang Bengkulu, Muara Betung dan Tanjung Agung, batu Galang, Kunduran. Simpang Perigi, Padang Tepong, Batu Bidung, Pulau Kemang dan Tanjung Agung. Hampir semua kotak di Kecamatan Ulu Musi termasuk dalam gugatan.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster