KNPI Kecam Tindakan Pencaplokan

 263 total views,  2 views today

KNPI

KNPI

MUARAENIM – DPD KNPI Kabupaten Muaraenim, mengecam keras dugaan pencaplokan wilayah Muaraenim tepatnya di Dusun VIII Sungai Jangkit, Desa Tanjung Baru, Kecamatan Muara Belida, yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Ketua DPD KNPI Muaraenim, Ardiansyah, memberikan apresiasi yang dilakukan bupati dan pejabat Pemkab Muaraenim, yang langsung merespon tindakan Pemkot Palembang tersebut. Ia menyebut, KNPI mendukung tindakan bupati tersebut, dan siap ikut mempertahankan hak wilayah Muaraenim.

Menurut Ardiansyah, aksi nyata tersebut jangan saja dilakukan diperbatasan Muaraenim – Palembang, tetapi diseluruh batas administrasi Kabupaten Muaraenim, yang berbatasan dengan daerah tetangga.

Sebab jika dibiarkan berlarut-larut, bukan saja di wilayah Muara Belida yang dicaplok, mungkin di wilayah lain juga sudah dicaplok oleh daerah lain. Dampaknya, bukan saja terhadap rakyat yang berdiam didaerah perbatasan, tetapi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Muaraenim.

Ardiansyah juga mendesak Gubernur Sumsel, cepat tanggap untuk menyelesaikan konflik perbatasan tersebut. Bila tidak secepatnya diselesaikan, ia menakutkan konflik perbatasan ini akan menyebabkan konflik sosial, yang bisa berujung dengan bentrokan antar sesama masyarakat. Apalagi terangnya, jika konflik tersebut terjadi di daerah yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA).

“Jika Pemprov Sumsel tidak segera turun dan menyelesaikan persoalan ini dengan serius, kami pemuda di Kabupaten Muaraenim siap berada didepan untuk mengambil hak Kabupaten Muaraenim,” tegasnya.

Ardiansyah juga mengingatkan perusahaan-perusahaan yang sudah terlanjur membuat perizinan melalui Pemkot Palembang, segera mengurus seluruh perizinan dari Kabupaten Muaraenim. “Begitupun untuk masalah jual beli tanah yang sebelumnya melalui BPN Palembang, juga batal demi hukum dan harus melalui BPN Kabupaten Muaraenim,” tukasnya.

TEKS           : SISWANTO

EDITOR        : DICKY WAHYUDI

 

 

 

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster