Kapolda Sumsel : Daerah Rawan Prioritas Pengamanan Pilpres

 292 total views,  2 views today

Kapolda Sumsel, Irjend Pol Saud Nasution

Kapolda Sumsel, Irjend Pol Saud Nasution

PALEMBANG – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel), akan memfokuskan pengamanan pada penghitungan suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres), mendatang.

Hal itu mengingat pada proses perhitungan suara kerap terjadi permasalahan seperti perhitungan Pileg beberapa waktu lalu.
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumsel, Irjend Pol Saud Nasution, mengatakan, proses penghitungan suara di TPS dan PPK pada Pileg 2014 lalu banyak terdapat pelanggaran. Untuk itu, proses penghitungan suara akan menjadi hal prioritas pada Pilpres 2014 nanti.

“Pada Pilpres 2014 nanti, penghitungan suara di TPS dan PPK akan kita percepat lagi. Selain itu, jajaran Polda Sumsel akan benar-benar mengawasi proses penghitungan suara supaya tidak ada kecurangan dan bisa berjalan lancar,” kata Saud, Jumat (23/5).

Saud optimis, Polda Sumsel dan jajaran akan siap mengamankan Pilpres 2014 ini. Pengalaman saat mengamankan Pilkada dan Pileg akan dijadikan pelajaran untuk selanjutnya dicegah terulang kembali pada Pilpres 2014 nanti. Tentu saja, daerah-daerah rawan macam Musi Rawas, OKU Timur, dan Muratara tetap menjadi prioritas pengamanan Pilpres 2014 nanti.

Apalagi, menurut Saud, pengamanan pada Pilpres 2014 nanti tidak akan seribet pada Pileg 2014 karena hanya melibatkan dua kelompok besar saja, yakni kelompok Joko Widodo dan kelompok Prabowo Subianto.

Beda pada Pileg 2014, yang melibatkan banyak kelompok karena terdiri dari banyak parpol dan caleg sehingga fokus pengamanan sedikit bercabang-cabang.

“Kita juga mengajak KPU dan Bawaslu Sumsel untuk sama-sama melancarkan pelaksanaan Pileg 2014 nanti. Jika menemukan permasalahan yang berkaitan dengan tindak pidana pemilu, sebaiknya segera dikordinasikan dengan anggota Polri,” kata Saud.
Masih kata Saud, akan ada 8.000 personil Polda Sumsel dan jajaran untuk mengamankan Pilpres 2014 nanti. Nantinya, para personil itu akan disebar ke seluruh kawasan Sumsel beberapa hari menjelang pelaksanaan Pilpres 2014.

“Jumlahnya sedikit meningkat ketimbang Pileg 2014 beberapa waktu lalu. Pelaksanaan pengamanan kurang lebih sama, namun akan kita tingkatkan fokus pada proses penghitungan suara di PPK dan KPPS,” kata Saud.

 

Teks   : Oscar Ryzal

Editor  : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster