Progres Underpass Baru 35 %

 245 total views,  2 views today

 

HL-- Pengerjaan Underpass di Simpang Patal. Foto ; Bagus Kurniawan KS

Pengerjaan Underpass di Simpang Patal. Foto ; Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Saat ini, progres pengerjaan underpass tahap utama sudah mencapai 35 persen. Rencananya, Jumat (23/5), akan dilakukan pengerjaan tahap taken pail atau pemasangan pondasi yang kedua. Setelah itu baru ke tahap pengerukan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Jenderal Sudirman Lingkar Selatan Palembang dan sekitarnya, Harun Nurasyid mengatakan, hari ini (Kamis) pihaknya melakukan simulasi untuk pengerjaan tahap kedua underpass tersebut.

“Kami akan lalukan pengerjaan tahap kedua, pengerjaan ini tidak jauh berbeda dengan tahap pertama yakni taken pail atau pemasangan pondasi. Maka dilakukan simulasi, tetapi arus lalu lintas masih seperti biasanya pada pengerjaan ini, karena tidak ada perubahan traffic light secara signifikan,” ungkapnya, Kamis (22/5).

Menurut Harun, lampu jalan yang berada di tengah konstruksi utama pengerjaan underpass, hingga saat ini belum mengganggu pengerjaan. Malah, katanya sangat membantu penerangan saat pengerjaan di malam hari.

“Nah, setelah pemasangan pondasi tersebut, baru underpass dapat dikeruk. Lampu-lampu jalan tersebut, dapat dipindahkan oleh DPJPP. Namun untuk saat ini, belum mengganggu pengerjaan. Pengerjaan ini terus kami lakukan dengan semaksimal mungkin, agar selesai sesuai target di akhir Desember ini,” ungkap Harun.

Sementara itu, Kabid Penerangan Jalan, Dinas Penerangan Jalan Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) Palembang, Arbain mengatakan, pihaknya akan melakukan pemindahan lampu jalan setelah ada koordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) III, sebagai pihak yang bertanggungjawab dalam pembangunan underpass tersebut.

“Disana ada 10 tiang dan 20 lampu jalan yang nanti akan kami pindahkan, tetapi hingga saat ini kita belum melakukan pemindahan. Karena kami menunggu koordinasi dari mereka, jika sudah siap maka segera dipindahkan,  jika tidak nanti kawasan simpang Patal akan gelap,” ungkapnya.

Sambung Arbain, DPJPP tidak ada kesulitan dalam pemindahan tersebut. Hanya saja terangnya, saat pengangkatan tiang lampu jalan butuh kehati-hatian sebab tiang-tiang tersebut adalah tiang lama.  “Tiang lampu sangat retan, karena itu merupakan tiang lama. Mengenai jaringan lampu, tidak ada masalah dan kebetulan lampu sudah menggunakan LED,” bebernya.

Arbain menambahkan, untuk pengerjaan pembongkaran, nantinya akan dikerjakan pada malam hari. Karena jika siang hari, akan mengganggu perjalanan dan mengakibatkan kemacetan. “Kita akan berkoordinasi, kapan akan dilakukan pembongkaran, yang pasti kami mengerjakannya malam hari agar tidak terjadi kemacetan,” tukasnya.

 

TEKS            : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster