Juni, Pembangunan KEK Dikebut

 231 total views,  2 views today

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-api (TAA) Banyuasin

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-api (TAA) Banyuasin

PALEMBANG – Proses pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-api (TAA) Banyuasin, kembali menemui titik terang. Kepastian dimulainya pembangunan KEK ini dilakukan setelah Gubernur Sumsel telah mengantongi tanda tangan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, beberapa waktu lalu.

“Paraf untuk payung hukum KEK ini sudah kita dapat. Melalui Menko Keuangan dan Perekonomian RI, Chairil Tanjung, presiden juga telah menyetujuinya. Alhamdulillah, bulan depan (Juni) pembangunan bisa kita kebut,” ujar Alex usai melakukan pertemuan dengan General Manager (GM) Baru Pertamina RU3 dalam rangka pembahasan peningkatan optimalisasi kilang di RU3, di Griya Agung Palembang, kemarin.

Atas lampu hijau itulah, lanjut Alex, dirinya mengimbau semua pihak SKPD, Dinas maupun instansi terkait untuk membantu sepenuhnya agar target tiga tahun kedepan bisa terselesaikan. “Kita mulai pembangunan besar-besaran,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengusaha Jasa Angkutan Truk (APJAT) Sumsel, H Chairuddin Yusuf menegaskan paling utama setelah disahkannya perpres KEK adalah dengan membangun dermaga dari TAA ke Cirebon.

“Bayangkan saja sekitar 80% hasil produksi yang ada di Sumsel didatangkan dari Pulau Jawa. Sementara sawit, karet, batubara, kelapa atau bahan mentah lainnya dari Sumsel diekspor ke Pulau Jawa. Seharusnya sudah ada fasilitas dan dermaga yang menjadi penyanggah ekonomi Sumsel,”ucapnya.

Dia mengaku jika pembangunan dermaga segera direalisasikan, maka akan menimbulkan multi player effek bagi pembangunan lainnya seperti pembangunan pabrik agrobisnis dan agroindustri dan lainnya.

Disamping itu pula, kata dia, keuntungan yang dapat dipetik pelaku usaha ketika dermaga telah direalisasikan seperti mampu menekan cost operasi dan biaya-biaya tak terduga lainnya.

“TAA Sumsel akan seperti Sencen Cina yang menjadi daerah penopang ekonomi. Untuk itu, semua stakeholder harus bersatu padu mewujudkan pembangunan dermaga di kawasan KEK itu,”katanya.

 

TEKS    : IMAM/AMINUDDIN

EDITOR  : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster