Jamkrida Jadi “Penolong” UMKM ?

 237 total views,  2 views today

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin  Meresmikan  JAMKRIDA

Gubernur Sumsel Alex Noerdin memukul gong simbolisasi diresmikannya operasional Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Griya Agung, Palembang, Kamis (22/5/2014). | Foto : Iwan Cheristian

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) mendirikan PT Jaminan Perkreditan Daerah (Jamkrida). Perusahaan daerah tersebut, ditugaskan untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dalam mendapatkan dana segar untuk pengembangan usaha mereka.

Jamkrida menurut Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, diharapkan jadi “dewa penolong” bagi UMKM, yang selama ini kesulitan mendapatkan kredit permodalan dari bank. “Jamkrida itu, perusahan milik daerah. Mudah-mudahan nanti, nanti bisa menjamin agar UMKM dapat mendapatkan pembiayaan dari bank,” kata Alex yang dibincangi di Griya Agung, Kamis (22/5).

Alex menyebut, dengan adanya jaminan dari Jamkrida itu maka pengusaha UMKM di Sumsel bisa mendapatkan kucuran modal usaha dari Bank SumselBabel. Dengan begitu terang Alex, bisa mendongkrak lapangan kerja baru di Sumsel.

“Jamkrida nantinya bekerjasama dengan Bank SumselBabel. Jamkrida yang akan menjadi penjamin, sehingga UMKM dapat mendapatkan bantuan modal. Dengan begitu kita harapkan, UMKM dapat meningkatkan mutu, menambah lapangan kerja, dan lain-lain. Inilah tujuan utama dari pembentukan Jamkrida Sumsel,” ucapnya.

“Untuk mendapatkan pinjaman dana di bank tidak sulit, hanya karena tidak ada agunan hingga sulit dapatkan pinjaman. Sebenarnya kita ada program kredit tanpa agunan, tetapi nilainya kecil padahal UMKM butuh modal dengan nilai besar. Karenanya, dengan adanya Jamkrida itu bisa dilakukan,” bebernya.

Menurutnya, Jamkrida akan mampu menjamin dalam jumlah yang besar. Dalam hitung-hitungan sementara jelas Alex, setidaknya Jamkrida bisa menjamin dana pinjaman sampai Rp 1 trilyun pertahun.

Sementara itu Direktur Utama (Dirut) PT Jamkrida Sumsel, Dian Askin Hatta mengatakan, selama ini keluhan kebanyakan pengusaha UMKM adalah kesulitan mengakses fasilitas kredit atau pembiayaan, dari lembaga keuangan seperti perbankan dan lembaga keuangan lainnya, yang disebabkan kurangnya syarat kecukupan agunan.

“Oleh karena itu, kami menyadari adanya keinginan yang kuat dari pemerintah, khususnya Pemprov Sumsel untuk mendirikan PT Jamkrida Sumsel, sebagai  industri keuangan non bank (IKNB), dengan kegiatan usaha dibidang penjaminan kredit/pembiayaan. PT Jamkrida selanjutnya diharapkan dapat mendukung percepatan kemajuan pelaku usaha UMKM, melalui kemudahan mendapatkan fasilitas kredit dari perbankan dengan penjaminan dari PT. Jamkrida Sumsel,” terangnya.

Dian menyampaikan,  dengan modal disetor sebesar Rp 25 milyar dan ketentuan gearing ratio maksimal 40 kali modal. Maka, pada tahap awal PT Jamkrida Sumsel, dapat menjamin penyaluran kredit perbankan di Sumsel sampai dengan Rp 1 triliun.

“Apabila masing–masing UMKM mendapat kredit sebesar Rp 50 juta, maka pada tahap awal ini dapat membuka kesempatan bagi 20 ribu UMKM, mendapatkan fasilitas kredit/pembiayaan dari perbankan dengan jaminan PT. Jamkrida Sumsel. Jika setiap UMKM menyerap tiga tenaga kerja, maka jumlah tenaga kerja yang dapat terserap sebanyak 60 ribu tenaga kerja,” ungkapnya.

Selanjutnya, apabila semua modal Jamkrida Sumsel sesuai Perda No 9 tahun 2012, sebesar Rp 100 milyar telah disetor,  maka kapasitas penjaminan akan meningkat hingga Rp 4 triliun pertahun.

“Dengan begitu akan terbuka kesempatan bagi 80 UMKM, untuk dapat mengakses kredit/pembiayaan dari perbankan, dengan jumlah serapan tenaga kerja meningkat hingga 240 ribu tenaga kerja. Sehingga dengan hadirnya PT Jamkrida Sumsel, diharapkan dapat menambah kesempatan kerja di Sumsel,” terang Askin

Untuk itu dia mengharapkan bantuan pemprov dan DPRD Sumsel, guna menambah penyertaan modal bagi PT Jamkrida Sumsel.  “Kami juga sangat mengharapkan adanya penyertaan modal dari bupati/wali kota di Sumsel. Sehingga kedepannya Jamkrida Sumsel, dapat semakin memperluas jangkauan kepada UMKM di Sumsel,” tukasnya.

 

TEKS           : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster