Coba Kabur Sarkowi “Keok” Dipelor

 257 total views,  4 views today

PALEMBANG – Mencoba kabur usai melakukan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), Sarkowi (24), keok diterjang timah panas petugas Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) Ilir Timur Palembang, Kamis (22/5/2014).

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, warga Jalan Srinanti, NO 47, RT 07, RW 03, Kampung Bali, Kelurahan Maryana, Kabupaten Banyuasin ini pun digelandang petugas dan dijebloskan balik jeruji penjara Mapolsek Ilir Timur I, Palembang.

Sarkowi diamankan usai gagal melakukan aksi curanmor yang dilakukan di Jalan Jendral Sudirman depan Rumah Makan Sederhana dengan korban Salamon warga Jalan Kol H Burlian, Kelurahan Kebun Bungga, Kecamatan Sukarame, Palembang, Rabu (21/5/2014), sekitar pukul 23.30 WIB.

Penangkapan berawal saat Sarkowi bersama rekanya Jn (DPO) mengendarai sepeda motor Yamaha Fiz R warna biru milik Sarkowi dari arah Jembatan Ampera menuju Km 12.

Saat melintas di Jalan Jendral Sudirman depan Rumah Makan Sederhana keduanya melihat sepeda Motor Honda Supra X 125 dengan nomor polisi BG 6469 UV milik korban Salamon yang terparkir di Jalan Jendral Sudirman tepatnya di depan Bank Danamon.

Melihat hal tersebut kedua pelaku berputar arah dan mendekati sepeda motor tersebut, setelah itu Sarkowi turun dari sepeda motor yang ia kendarai sembari membawa obeng yang digunakan untuk merusak kunci sepeda motor.

Apes nasib Sarkowi, pasalnya setelah berhasil merusak kunci, aksinya diketahui oleh satpam penjaga mesin ATM yang berada di sekitar TKP, alhasil dirinya diteriaki maling.

Merasa aksinya diketahui, rekanya berusaha melarikan diri sementara satpam pun terus melakukan pengejaran. Beruntung saat aksi kejar-kejaran melintas anggota Polsek IT I yang melakukan patroli malam dan turut melakukan pengejaran.

Alhasil Sarkowi berhasil di tangkap setelah betis kananya di tembus timah panas anggota polsek IT I Palemang.

Dihadapan wartawan, Sarkowi megaku baru satu kali melakukan aksi ranmor dan itu dilakukan hanya iseng.

“Baru satu kali saya mencuri sepeda motor, itu saja sudah ketangkap polisi, rencanaya jika aksi semalam berhasil uangnya mau saya pakai untuk kebutuhan sehari-hari,” ujar Sarkowi.

Sementara itu, Kapolsek Ilir Timur I Palembang, Komisaris Polisi (Kompol) Afria Jaya, didampinggi Kanit Reskrim Inspektur Polisi Dua (Ipda) Hamsal mengatakan jika pelaku merupakan sepesialis ranmor pada malam hari.

“Pelaku merupakan sepesialis ranmor pada malam hari, karena pelaku sering kita pergoi di sekitar jalan Jendral Sudirman, namun berdasarkan pengakuan pelaku baru pertama kali melakukan aksinya,” kata Afria.

Dilanjutkanya, dari penangkapan masih satu pelaku berinisial Jn yang masih buron. Jn berhasil melarikan diri dengan mengunakan sepeda motor milik Sarkowi.

“Untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya, Sarkowi kita jerat dengan Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian,” tegas Afria.

 

Teks : Oscar Ryzal

Editor : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster