Pertumbuhan Ekonomi OKUS 6,70 %

 170 total views,  2 views today

MUARADUA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan, mengklaim pertumbuhan ekonomi Kabupaten OKU Selatan pada 2013 lalu mencapai 6,70 persen. Perhitungan itu didapatkan, berdasarkan perhitungan sementara Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Klaim ini disampaikan Bupati (Wabup) OKU Selatan, H Muhtadin Sera,i dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawab (LKPJ) Bupati OKU Selatan 2013, yang dibacakan Wabup OKU Selatan, Hj Herawati Gatot, dalam rapat paripurna DPRD OKU Selatan, Rabu (21/5).

Diterangkan Herawati, PDRB Kabupaten OKU Selatan pada 2013 mencapai angka Rp.4.584.090.000.000, dengan pertumbuhan ekonomi tercatat sebesar 6,70 persen. Sedangkan angka inflasi mencapai 8,38 persen.

“Ada tiga sektor yang menjadi penyumbang utama PDRB OKU Selatan 2013, yakni  pertanian sebesar 32,87 persen, perdagangan, hotel dan restoran 19,55 persen dan jasa sebesar 18,37 persen,” jelas Herawati.

Ia menerangkan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) OKU Selatan, tahun 2013 adalah bagian dari percepatan pembangunan yang mengutamakan peningkatan investasi dan pengembangan Sumber Daya Alam (SDA).

Dalam RPJMD 2010-2015 tersebut bebernya,   percepatan pembangunan tersebut memprioritaskan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kemudahan pelayanan investasi, pengembangan pemanfaatan SDA, pengembangan infrastruktur dan peningkatan pengembangan UMKM, koperasi dan industri.

“Untuk mencapai target dalam RPJMD tersebut, pemkab berusaha meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Caranya dengan pemantapan kelembagaan dan sistim operasional pemungutan pendapatan daerah, intensifikasi sumber objek pajak daerah dan retribusi daerah, meningkatkan kooerdinasi terhadap semua jajaran,” bebernya.

“Kemudian melakukan preview terhadap perda yang terkait dengan pengelolaan pendapatan PAD, meningkatkan efektifitas pengelolaan aset yang dapat menghasilkan PAD dan penerbitan Peraturan Bupati (Perbup), sebagai pelaksana dari perda yang mengatur pajak dan retribusi daerah,” tukasnya.

 

TEKS           : FITRI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster