Warga Sambut Baik Penerimaan CPNS

 211 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Adanya rencana penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 5.000 formasi, disambut gembira oleh masyarakat Palembang, khususnya sarjana yang belum mendapatkan pekerjaan.

Fanny Adriansyah (27), salah satunya. Alumni Universitas PGRI Palembang tahun 2012 ini mengaku, rencana tersebut sesuatu hal yang positif,  karena ia menilai saat ini cukup banyak sarjana yang menganggur, akibat minimnya lowongan kerja. “Lulusan sarjana sangat banyak, mungkin mencapai ribuan orang yang menganggur. Kalau memang ada lowongan CPNS, itu sangat baik,” kata Fanny yang dibincangi, Selasa (20/5).

Menurut Fanny, angka 5.000 lowongan CPNS tersebut, sebenarnya masih sedikit. Karena pada tahun sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, tidak melakukan seleksi CPNS dari formasi umum tetapi merekrut dari honorer K2. “Kalau bisa lebih banyak lagi yang diajukan, kan sudah lama tidak ada seleksi CPNS dari formasi umum,” harap sarjana pendidikan fisika ini.

Hal senada dikatakan Nurjanah (22). Alumni Akademi Komputer Bina Sriwijaya ini mengaku gembira dengan rencana Pemkot Palembang, yang akan merekrut CPNS dari formasi umum.

Menurutnya, menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sudah menjadi tugas pemerintah, bukan hanya  PNS tetapi juga lapangan kerja lain. “Pemerintah kan yang punya power, jadi merekalah yang bertanggung jawab. Misalnya persyaratan perusahaan berdiri di Palembang, harus merekrut putra dan putri daerah. Saya yakin jika itu dilakukan, pengangguran tidak ada lagi di Palembang,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Kerja (Penta), Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Palembang, Darminto mengatakan, harusnya masyarakat tidak terlalu mengantungkan pekerjaan dari PNS.

Masyarakat terutama yang sudah berpendidikan tinggi, seharusnya sebut Darminto, bisa menciptakan lapangan kerja dengan keterampilan yang dimilikinya. Sehingga tidak berharap bekerja sebagai PNS, maupun pegawai di suatu perusahaan.

“Jiwa entrepreneur harus ditumbuhkan, sehingga tidak ada istilah pengangguran. Kalau dikatakan minim lapangan kerja, yah bisa dikatakan begitu. Tetapi kami terus mengupayakan agar perusahaan yang beroperasi di Palembang, agar mengutamakan putra daerah,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster