Wako Prabumulih Hadiri Verifikasi Agrobisnis Peternakan Berprestasi

 311 total views,  2 views today

Walikota dan tim verifikasi meninjau kandang ayam arab di Kube Sepakat Bersama

Walikota dan tim verifikasi meninjau kandang ayam arab di Kube Sepakat Bersama

PRABUMULIH – Kota Prabumulih yang baru seumur jagung mulai menorehkan prestasi di bidang peternakan, sebab kota ini sudah beberapa kali Kota Prabumulih menyabet penghargaan di bidang peternakan. Semua ini bukan membuat Pemerintah Kota Prabumulih berpuas diri menuju yang lebih baik dan lagi tanpa kerja sama tim yang bagus belum tentu hal tersebut didapat dengan mudah.

Maka, atas kerja sama tim yang bagus dan kerja keras akhirnya Kota Prabumulih diikutsertakan dalam perlombaan agrobisnis peternakan berprestasi tingkat nasional yang dalam hal ini diwakili oleh Kelompok Usaha Bersama (Kube) Sepakat Bersama.

Dalam verifikasi yang dilaksanakan oleh Dirjen Departemen RI ini dihadiri oleh Walikota Prabumulih Ir. H. Ridho Yahya, MM, kepala Dinas, Staf Ahli Walikota, Camat, Ketua Tim Peggerak PKK, Kepala Bagian, kelompok tani Gunung Ibul, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya

Dengan bertempat di lokasi peternakan Kube Sepakat Bersama di Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur, tim verifikasi dari Dirjen Peternakan Departemen Pertanian Republik Indonesia berkesempatan mendatangi lokasi Kube untuk menverifikasi kesiapan Kube Sepakat Bersama dalam lomba agrobisnis peternakan.

Tim verifikasi dari Dirjen Deptan ini di pimpin oleh ibu DR. Ir. Sumiati, dan menurut salah seorang anggota tim verifikasi dari Dirjen Deptan RI bapak Ir. Ahdan Hamid sewaktu diwawancarai awak media yang mengatakan bahwa Kube Sepakat Bersama Kota Prabumulih merupakan utusan dari Sumatera Selatan juga Kube Sepakat Bersama sudah masuk dalam 10 besar tingkat nasional dan kita akan verfikasi hulu dan hilir agro bisnis peternakan dan tidak tertutup kemungkinan kita akan mengadakan MOU dengan Kube Sepakat Bersama dalam mengembangkan ayam kampung potong dan ini akan ditanda tangani dengan PT. Ayam Kapung Indonesia (AKI) bahwa Kota Prabumulih akan menjadi pusat pengembangan Ayam potong kampung di Sumatera, kata Hamid.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Ir. Syamsurizal mengatakan, tadinya Kube Sepakat Bersama ini bernama Kube Serasan namun karena mengalami kemandekan usaha dan hamper sempat bubar tetapi atas inisiatif beberapa orang anggota akhirnya Kube Serasan diganti nama menjadi Kube Sepakat bersama dan ini dibuktikan dengan meraih prestrasi pada lomba ketahanan pangan tingkat nasional tahun 2004 yang menjadi yang terbaik dalam kelompok unggas, ujar syamsurizal.

Masih kata rizal sekarang ini Kube Sepakat Bersama sudah bertahun-tahun mengusahakan ayam arab dan berkat keuletan anggota Kube Sepakat Bersama akhirnya Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Selatan menjadi Kube Sepakat Bersama menjadi tempat uji coba budi daya ayam kampung unggul dan akhirnya hal ini menarik perhatian PT. Ayam Kampung Indonesia untuk mengadakan MOU dengan Kube Bersama Sepakat Bersama dan ini dibuktikan dengan memberikan 6.000 ekor ayam potong dan ini akan dipanen 2 bulan kemudian, pungkas Rizal.

Adapun Walikota Prabumulih Ir. H. Ridho Yahya, MM mengatakan, ia sangat bangga dan senang atas kedatangan tim verifikasi dari Dirjen Deptan RI untuk memverifikasi Kube Sepakat Bersama yang mewakili Sumatera Selatan di tingkat nasional dan harapan kami agar Kuber Sepakat Bersama dan Kota Prabumulih deapat menjadi juarai 1 tingkat nasional. Hal itu akan memudahkan kami membentuk kelompok-kelompok tani tapi sebenarnya pemerintah Kota Prabumulih sudah terlebih dahulu membentuk kelompok-kelompok tani untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan, ujar Ridho

Kata Ridho, sekarang ini pemerintah kota Prabumulih sedang giat-giatnya mengentaskan kemiskinan yang salah satunya adalah dengan mengadakan bedah rumah.

“Dan setiap bulan akan dibedah 5 rumah dan juga akan diberikan modal usaha yang sesuai dengan bidangnya masing-masing,” beber Ridho.

Sedangkan Kepala Dinas Peternakan Sumatera Selatan Max Sulistiono mengatakan, dengan dipilihnya Kube Sepakat Bersama Kota Prabumulih untuk diverifikasi sebagai yang terbaik dan kalau melihat kondisi dan situasi di Kube Sepakt Bersama ini tidak tertutup kemungkinan akan menjadi juara dan juga akan menjadi sentra produksi ayam kampung potong di Sumatera dan sekarang ini Kube Sepakat bersama Kota Prabumulih ini sudah masuk nominasi 10 di tingkat nasional, ujar max yang seorang penyanyi TVRI era 80-an.

Sedangkan Wakil Ketua Tim Verefikasi Dirjen Depatan RI DR. Ir. Sumiati mengatakan dari sekian banyak yang diverifikasi di Kube Sepakat Bersama ini, kami sangat terkesan dengan keadaaan kondisi Kube Sepakat Bersama dan ini mempunyai nilai plus tersendiri bagi kami dari Dirjen Deptan Republik Indonesia, ujar ibu Sumiati yang disambut tepuk tangan meriah dari kelompok tani Kube Sepakat bersama.

Selesai acara serimonial yang diadakan oleh Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan selanjutnya Walikota Prabumulih beserta tim verisikasi dari Dirjen Departeman Pertanian Republik Indonesia meninjau sekaligus menilai kondisi dan keadaan kandang. ( ADV )

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster