Miliki 125 Objek Wisata

 309 total views,  2 views today

danau rakihan salah satu objek wisata yang ada di kec. sindang danau

danau rakihan salah satu objek wisata yang ada di kec. sindang danau

MUARADUA – Kabupaten OKU Selatan, kaya akan potensi wisata. Sejumlah objek wisata dimiliki kabupaten ini, mulai dari wisata cagar budaya, wisata alam  buatan, agrowisata dan lainnya. Objek wisata tersebut menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) OKU Selatan, Lia Tirtayana, terbesar di 19 kecamatan di OKU Selatan.

“Seluruh kecamatan di OKU Selatan, memiliki objek wisata baik wisata alam, wisata sejarah, maupun lainnya. Hasil pendataan kita, ada 125 objek wisata di OKU Selatan,” kata Lia yang dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (20/5).

Namun terang Lia, banyak objek-objek wisata tersebut belum tersentuh atau dengan kata lain masih alami. Untuk pengembangannya sebut Lia, butuh pembangunan fasilitas pendukung seperti infrastruktur jalan, penginapan dan lainnya. Sehingga wisatawan bisa dengan mudah menjangkau objek-objek wistaa tersebut.

Disbudpar sendiri sebutnya, sudah berusaha untuk memaksimalkan objek wisata yang dimiliki OKU Selatan ini agar bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Kami sudah mendata ulang, objek-objek wisata tersebut. Kami juga melayangkan surat ke kecamatan agar dapat membantu mendata objek wisata di wilayahnya, sehingga objek-objek wisata tersebut bisa dibukukan,” ujarnya.

Dibincangi terpisah, anggota DPRD Sumatera Selatan (Sumsel), Popo Ali, menyayangkan masih belum tergarapnya semua potensi wisata di Kabupaten OKU Selatan. Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan, bisa memberikan perhatian lebih untuk objek-objek wisata tersebut.

“Untuk dapat memanfaatkan objek wisata tersebut, butuh dukungan dari berbagai pihak agar sejumlah fasilitas dan infrastruktur di objek-objek wisata tersebut bisa dibangun. Sehingga objek wisata itu, bisa dijangkau dengan mudah oleh wisatawan,” ucapnya.

Namun untuk membangun semua itu terang Popo Ali, bukan perkara mudah dan cepat. Semuanya menurutnya, butuh proses. Selain itu kata dia, pengembangan objek wisata tersebut juga harus didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang wisata yang handal.

“Karenanya harus ditanamkan kesadaran masyarakat, untuk mendukung pengembangan objek wisata di OKU Selatan. Kalau itu semua dilakukan, bukan tidak mungkin semua objek wisata disini bisa dimaksimalkan untuk penambahan PAD OKU Selatan,” tukasnya.

 

TEKS           : FITRI

EDITOR        : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster