Bantuan Hukum Gratis Mandek

 276 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

BANYUASIN – Program bantuan hukum gratis seperti diatur dalam Undang-Undang (UU) No 16 tahun 2011 di Kabupaten Banyuasin, mandek. Kepala Bagian (Kabag) Hukum  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin, Rahmat, yang dibincangi di ruang kerjanya, mengakui itu.

Menurutnya,  program bantuan hukum gratis tersebut sudah empat tahun tidak berjalan di Banyuasin. Hal tersebut kata Rahmat disebabkan, sampai saat ini belum ada Peraturan Daerah (Perda) yang menjadi payung hukum untuk pelaksanaan bantuan hukum gratis.

Rahmat menyebut, pada 2012 lalu sebenarnya Bagian Hukum Pemkab Banyuasin sempat menganggarkan dana untuk program tersebut. Namun karena perda yang belum ada, sehingga dananya tidak digunakan dan dikembalikan ke kas daerah.

“Karena di 2012, program tersebut terkendala belum ada perda maka di 2013 kita mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Bantuan Hukum Gratis ke DPRD Kabupaten Banyuasin,” jelas Rahmat ketika dibincangi, Selasa (20/5).

Namun sambung Rahmat, DPRD Banyuasin ternyata mengajukan raperda inisiatif tentang bantuan hukum gratis tersebut, sehingga raperda yang disusun Bagian Hukum Pemkab Banyuasin dibatalkan.

Saat ini terangnya, raperda tersebut masih dalam proses pembahasan. Ia berharap secepatnya raperda itu disahkan menjadi perda sehingga program bantuan hukum gratis di Banyuasin kembali berjalan. “Mudah-mudahan di 2015, program bantuan hukum gratis ini akan berjalan,” ucapnya.

Tetapi terang Rahmat, walau program bantuan hukum gratis ini belum berjalan bukan berarti masyarakat di Bumi Sedulung Setudung tersebut kata Rahmat, tidak bisa mendapatkan fasilitas bantuan hukum gratis.

Masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum secara gratis bebernya, bisa menghubungi Pos Bantuan Hukum (Posbakum) di Sekayu atau di Palembang. “Untuk sementara ini, Posbakum itu bisa menjadi solusi bagi masyarakat untuk mendapatkan bantuan hukum secara gratis,” tukasnya.

 

TEKS            : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster