Tak Hiraukan Protes Warga, Musi IV Tetap Dibangun

 340 total views,  2 views today

Belumlah selesai realisasi pembangunan Jembatan Musi III, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan merencanakan membangun Jembatan Musi IV.

Belumlah selesai realisasi pembangunan Jembatan Musi III, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan merencanakan membangun Jembatan Musi IV.

PALEMBANG  – Walaupun ada protes dari warga di Kelurahan 14 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) II, atas pembangunan Jembatan Musi IV, namun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), tetap bersikeras membangun Jembatan Musi IV.

Menurut Gubernur Sumatera Selatan, H Alex Noerdin mengatakan, pempov tetap akan membangun Jembatan Musi IV, karena itu merupakan akses yang sangat penting untuk mengurai kemacetan yang selama ini masih terjadi. “Kami harapkan warga mengerti dengan kondisi saat ini, karena jika pembangunan Jembatan Musi IV tidak dibangun, maka Jembatan Ampera akan cepat roboh,” kata Alex, Senin (19/5).

Alex menyebut, penyebab utama Jembatan Ampera berkemungkinan roboh dikarenakan banyaknya volume kendaraan, yang melintasi jembatan tersebut. “Jembatan Ampera itu, sudah tua.  Sedangkan volume kendaraan terus bertambah, sehingga terjadi kemacetan. Jadi kalau tidak ditambah dengan jembatan baru, maka Ampera bisa roboh,” ucap Alex.

Karenanya himbau Alex, warga yang berada di sekitar lokasi pembangunan Jembatan Musi IV, dapat memahami kondisi yang ada. “Saya minta pengertiannya dan apa yang dipikirkan atau dikhawatirkan warga sekitar mengenai penggusuran, itu tidak benar. Kita tidak akan menggusur Kampung Arab, untuk lebih jelas silahkan tanyakan langsung ke Dinas Pekerjaan Umum (PU Bina Marga (BM),” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, pembangunan jembatan tersebut ditargetkan selesai pada 2017 mendatang. “Untuk pembebasan lahan, tidak akan pengusuran seperti informasi yang berkembang selama ini, apa lagi sampai menggusur satu Kampung Arab,” ujarnya.

Alex mengharapkan kepada semua pihak, jika ada kurang berkenan atau kurang puas atas kebijakan pemprov, diminta untuk membicarakannya secara baik-baik. “Tidak perlu unjuk rasa yang dapat menganggu ketenteraman dan kondusif daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU BM Sumsel, Rizal Abdullah menjelaskan, pembangunan Jembatan Musi IV dan Musi VI akan segera direalisasikan. Jembatan Musi IV akan dibangun sepanjang 2.200 meter, dengan lebar 7 meter dan memiliki dua jalur.

“Untuk jembatan Musi IV kawasan yang akan dilalui Jalan Perintis Kemerdekaan melalui perkantoran Dinas PU Kota Palembang, kawasan 14 Ulu, Jalan Jaya Indah dan berakhir di Jalan A Yani Plaju.  Selama ini masyarakat dari Jalan Perintis Kemerdekaan ingin ke Jalan A Yani, harus menempuh jarak enam kilometer. Dengan adanya jembatan ini, jaraknya akan menjadi dua kilometer,” kata Rizal.

Sumber dana pembangunan jembatan ini berasal dari APBN, sebesar Rp200 miliar. Sebelum pembangunan telah dilakukan feasibility study (FS), Amdal, dokumen perencanaan pengadaan tanah, detail engineering design (DED) dan rencana pembebasan lahan.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ/AMINUDDIN
EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster