Panwaslu Rekomendasikan PKK Dievaluasi

 310 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

BANYUASIN – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Banyuasin merekomendasikan ke Komisi Pemiliha Umum (KPU) Banyuasin, untuk mengevaluasi seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ketua Panwaslu Banyuasin, Hery Aryansah yang dibincangi di ruang kerjanya, Senin (19/5) menyebut rekomendasi itu sudah diberikan Panwaslu melalui surat resmi Nomor 135 tertanggal 8 Mei lalu.

Rekomendasi itu jelas Hery dikeluarkan Panwaslu, karena melihat banyaknya pengaduan yang masuk ke Panwaslu terkait kinerja PPK. Selain itu terang Hery, berbagai temuan Panwaslu juga menunjukkan kalau PPK di Kabupaten Banyuasin tidak bekerja secara profesional dan tidak netral.

“Saya bukan membela KPU, namun saya yakin KPU akan bekerja secara profesional dalam melakukan evaluasi terhadap seluruh anggota PPK, apalagi ada beberapa temuan kita di lapangan dan pengaduan -pengaduan yang masuk di Panwas,” kata Hery saat dibincangi di ruang kerjanya, kemarin.

Namun terang Hery, Panwaslu hanya memberikan surat rekomendasi saja. Persoalan apakah rekomendasi itu dijalankan atau tidak, sepenuhnya adalah kewenangan KPU. “Namun sebaiknya KPU Banyuasin, menjalankan rekomendasi kita tersebut,” ujarnya.

Sementara itu sampai berita ini diturunkan, Ketua KPU Banyuasin, Dahri yang dikonfirmasi, tidak bisa dihubungi. Handphone (HP) nya yang coba dihubungi, dalam kondisi tidak aktif. Begitu juga dengan komisioner KPU Banyuasin lainnya.

Sebagai informasi, semua Komisioner KPU Banyuasin telah menjalani persidangan di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Itu karena, lima komisioner KPU Banyuasin  tersebut,  diadukan ke DKPP oleh salah satu calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Demokrat di daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Rantau Bayur pada  23 April lalu.

Caleg tersebut menuding Komisioner KPU Banyuasin, mengurangi suaranya di Kecamatan Rantau Bayur. Seharusnya berdasarkan DA1 PPK Rantau Bayur berjumlah 2.217 suara, namun dalam DB1 mengurangi sebanyak 1.335 suara, sehingga suara pengadu di Rantau Bayur berkurang sebanyak 882 suara.

 

TEKS          : DIDING KARNADI

EDITOR       : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster