Pajak Progresif Belum Maksimal

 265 total views,  2 views today

 

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan  (Sumsel), memberlakukan sistem pajak progresif pada kendaraan pribadi diatas 500 cc, sejak tahun 2013 lalu. Pemberlakuan tersebut selain untuk mengatasi membludaknya jumlah kendaraan, juga untuk menambah nominal pendapatan asli daerah (PAD).

Namun pada realisasinya, pajak progresif masih belum maksimal karena terbentur masalah pendapatan. Kabid Pajak di Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sumsel, Endang Dwi Hastuti mengatakan, pajak progresif dikenakan pada pengguna yang memiliki kendaraan lebih dari satu antara 2 persen hingga 2,5 persen dari angka yang tertera.

“Kalau kendaraannya dua, yang satu normal dan yang satunya dikenakan penambahan dua persen. Sedangkan jika memiliki kendaraan tiga unit, maka dikenakan 2, 25persen dan seterusnya dikenakan 2,5 persen maksimal,” kata Endang yang dibincangi di ruang kerjanya, Senin (19/5/2014).

Dia menyebutkan, pengenaan pajak progresif berdasarkan tiga point yaitu nama dan alamat yang sama, nama sama dan alamat berbeda, alamat sama dan nama berbeda. “Namun kita sekarang, masih memakai point alamat sama dan nama yang sama saja. Karena yang lainnya belum efektif, kendalanya pada masalah pendataan. Misalnya, satu orang memiliki tiga istri maka otomatis satu nama memiliki tiga alamat. Ini yang membuat kita kesulitan,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, ke efektifan penerapan pajak progeresif ini baru akan terlaksana dengan baik jika adanya sistem pendataan yang mumpuni. “Solusinya mungkin saat e-KTP benar-benar berjalan sebagaimana mestinya, karena melalui satu pintu. Kita prediksi seperti itu karena pada kenyataannya memang masih menemui masalah di pendataan. Untuk pajak progresif memang dikenakan pada kendaraan diatas 500cc, kendaraan roda dua pun bisa dikenakan. Tapi untuk kendaraan yang sudah diatas 15 tahun tidak dikenakan,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster