Ketua RT-RW Tolak Dipilih Ulang

 271 total views,  2 views today

Ketua RT dan RW Tanjung Makmur meminta lurah tidak melakukan pemilihan ulang

Ketua RT dan RW Tanjung Makmur meminta lurah tidak melakukan pemilihan ulang

EMPAT LAWANG – Ketua RT dan RW di Kelurahan Tanjung Makmur, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, menolak dibubarkan atau dipilih ulang. Alasannya, mereka tidak mau menjadi korban oknum ketua RT dan RW bermasalah, sehingga mereka harus menanggung bebannya juga.

“Kami tidak ada masalah, kenapa harus diganti atau dipilih ulang,” ungkap Dung (40), salah satu Ketua RT saat tatap muka dengan Lurah Tanjung Makmur, Senin (19/5).

Menurutnya, permasalahan pemberhentian oknum ketua RW sudah menjadi kewenangan lurah dan tentunya penuh dengan pertimbangan matang. Sedangkan ketua RT dan RW lainnya tidak melakukan kesalahan sehingga tidak perlu mendapat imbas.

“Yang bermasalah hanya beberapa orang, kenapa kami yang harus menanggung bebannya. Pemilihan dan pemberhentian tersebut, sudah menjadi kewenangan Lurah,” sesal Dung dan diiyakan ketua RT dan RW lainnya.

Dung dan rekannya memastikan,  jika memang masyarakat Kelurahan Tanjung Makmur tidak menyutujui ketua RT dan RW tertentu, bisa berkoordinasi atau melapor langsung ke lurah. Tentunya dengan alasan yang kuat,  demi kepentingan masyarakat banyak dan bukan untuk kepentingan golongan atau kelompok-kelompok tertentu.

“Kami dipercaya oleh lurah, pasti ada pertimbangan untuk kepentingan masyarakat banyak. Jika memang ada ketua RT dan RW yang tidak pantas menurut warga, bisa melaporkannya ke lurah,” jelasnya.

Menanggapi ini Lurah Tanjung Makmur, Ismail mengatakan, pemberhentian dua Ketua RW di Kelurahan Tanjung Makmur beberapa waktu lalu, sudah melalui berbagai pertimbangan. Seperti sulit diajak kerjasama, tidak pernah sepakat dengan kebijakan lurah, serta banyaknya laporan dari warganya, yang menginginkan kedua oknum tersebut diberhentikan. “Jika tidak ada asalan kuat, tidak mungkin saya memberhentikan ketua RW ataupun ketua RT,” ungkap Ismail.

Informasi dihimpun Kabar Sumatera di lapangan,  beberapa hari lalu setidaknya puluhan masyarakat Kelurahan Tanjung Makmur, melakukan demo ke kantor kelurahan. Mereka menuntut agar lurah, segera memberhentikan seluruh Ketua RT dan RW di Kelurahan Tanjung Makmur, kemudian dilakukan pemilihan ulang seperti pemilihan kepala desa.

 

TEKS           : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster