Sumsel Optimis Tuan Rumah Asian Games

 252 total views,  2 views today

Ilustrasi Stadion Gelora Sriwijaya

Ilustrasi Stadion Gelora Sriwijaya

PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Alex Noerdin, optimis kalau Provinsi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games ke 18. Keyakinan ini disampaikan Alex, saat dibincangi usai membuka fun bike di halaman Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring Sport City (JSC), Jumat (16/5).

Menurut Alex, tuan rumah Asian Games harusnya adalah Vietnam. Namun Vietnam kemudian mengundurkan diri, sebagai tuan rumah sehingga Indonesia ditunjuk sebagai penggantinya.

“Komite Olahraga Indonesia (KOI), mengajukan tiga provinsi sebagai calon tuan rumah yakni Sumsel, DKI Jakarta dan Surabaya. Namun dari ketiga provinsi ini, saya yakin kita yang paling siap sebagai tuan rumah,” kata Alex.

Kesiapan Sumsel tersebut terang Alex, bisa dilihat dari infrastruktur penyelenggaraan misalnya venue. Sumsel sebutnya, memiliki venue-venue berstandar internasional di kompleks JSC, yang sudah pernah dipakai untuk penyelenggaraan SEA Games beberapa waktu lalu.

Bahkan kata Alex, saat kunjungan delegasi Komite Olahraga Asia ke Palembang beberapa waktu lalu, mereka menilai Sumsel yang paling siap untuk menjadi tuan rumah Asian Games. “Karenanya kita optimis, Sumsel yang akan ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games,” ujarnya.

Ia menerangkan, jika ditunjuk sebagai tuan rumah maka akan dibangun setidaknya 1—15 venue kembali. “Tidak hanya itu, jika kita menjadi tuan rumah maka banyak dampak positif untuk kemajuan Sumsel. Misalnya perekonomian Sumsel akan menggeliat secara simultan, dan sektor-sektor mikro akan tumbuh karena ada pemicunya,” sebut Alex.

Selain itu beber Alex, sejumlah anggaran dari pemerintah pusat bisa “dipaksa” untuk dikucurkan bagi pembangunan di Sumsel. “Pemerintah pusat bisa kita “paksa” untuk mengucurkan dananya, untuk pembangunan di Sumsel, dengan adanya Asian Games,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster