OKI Belajar CSR di Muaraenim

 250 total views,  2 views today

Diskusi pejabat pemerintah Kabupaten OKI yang belajar pengelolaan CSR dengan Kabupaten Muaraenim.

Diskusi pejabat pemerintah Kabupaten OKI yang belajar pengelolaan CSR dengan Kabupaten Muaraenim.

KAYUAGUNG – Dinilai mampu dalam pengelolaan CSR dan telah mendapat pujian dari pemerintah pusat, membuat Kabupaten Muara Enim dijadikan acuan oleh Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) untuk belajar bagaimana cara mengelola CSR, agar lebih optimal kedepannya. Apalagi jumlah perusahaan yang berinvestasi di Bumi Bende Seguguk ini tidak sedikit.

Asisten II Setda OKI, Ir  H Rosidi, mengatakan, pihaknya memilih kabupaten Muaraenim sebagai acuan untuk belajar mengelola  CSR yang baik memang sangat tepat. Karena kabupaten tersebut sudah dinilai berhasil dalam mengelola program tersebut, bahkan sudah diakui oleh pemerintah pusat.

“Dengan belajar dari Muara Enim, kedepan program ini dapat diimplementasikan guna mempercepat pembangunan OKI,” katanya.

Kepala Bapeda Muaraenim, Dr  Ir H  Abdullah Nadjid, MM mengatakan pemanfaatan dana CSR di Muaraenim sudah dimulai sejak 2011. Kata dia, pada tahun 2014 melalui program tersebut sudah terkumpul dana Rp 64.700.000.000,- untuk menutupi kekurangan anggaran belanja  Pemkab Muaraenim senilai Rp 400 miliar.

“Melalui forum CSR kita ajak perusahaan yang ada untuk membantu pembangunan.  Setiap perusahaan berkewajiban mengeluarkan program CSR nya kepada masyarakat di wilayah operasi masing masing. Kita libatkan mereka juga dalam Musrenbang mulai dari Musrenbang kecamatan, contohnya dalam APBD tahun 2014,  belanja langsung kita membutuhkan dana sekitar 1,4 triliun. 1 triliun melalui APBD, dan 400 juta melalui CSR 48 perusahaan anggota aktif forum CSR Muaraenim” ujar Nadjid.

Ungkap Nadjid, dalam melaksanakan program forum CSR Pemkab Muaraenim melibatkan lembaga sosial masyarakat sebagai pelaksana”Misalnya bangun sekolah, dananya dari perusahaan penyelengaranya masyarakat. Jadi operasionalnya kita mengadopsi program PNPM” ujar Nadjid.

 

TEKS   : DONI AFFRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster