Curi Motor, Pengamen Jadi Bulanan Warga

 231 total views,  2 views today

INDRALAYA — Adi Muhammad (25), warga Kelurahan Pasar 16 Ilir, Palembang, yang keseharianya sebagai pengamen nyaris tewas dihajar massa, Jumat (16/5/2014), sekitar pukul 05.00 WIB.

Massa geram lantaran melihat pelaku sedang melancarkan aksinya dengan melarikan satu unit sepeda motor Yamaha Vega R, BG 3266 KK, milik Idul (32) pedagang buah semangka, warga Desa Serigening, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Peristiwa tersebut terjadi di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Informasi yang berhasil dihimpun, saat itu pelaku sengaja datang ke Desa Payakabung dari Palembang dengan menumpang bus. Sesampainya, di Desa Payakabung tepatnya di lapak pedagang buah semangka, pelaku melihat ada  sepeda motor yang ditinggal oleh pemiliknya.

Lalu, pelaku dengan sendirinya mendekat dan langsung melarikan sepeda motor yang sudah dalam keadaan mengalami rusak pada bagian kontak.

Belum jauh, melarikan sepeda motor tersebut, perbuatan pelaku kepergok oleh isteri seorang pedagang semangka yang langsung berteriak maling. Pelaku pun, langsung dikejar puluhan warga sambil menghubungi petugas Polres OI.

Naas, saat melarikan sepeda motor korban yang baru berjarak 200 meter, pelaku terjatuh dan langsung menjadi bulan-bulanan warga sehingga mengalami luka memar di sekujur tubuh, serta memar pada bagian wajah termasuk hidung dan mulut pelaku sempat mengeluarkan darah.

Beruntung, pada saat kejadian beberapa orang petugas Polres OI langsung meluncur ke lokasi guna mengamankan pelaku yang sudah tidak berdaya lagi, untuk di gelandang menuju Mapolres OI guna dilakukan penyidikan.

Dihadapan petugas, pelaku mengakui perbuatannya telah mencuri sepeda motor korban dengan cara langsung di hidupkan tanpa menggunakan kunci kontak. Lantaran, sepeda motor korbannya itu, sebelumnya telah mengalami kerusakan pada bagian kontak.

“Sekali nyalakan langsung hidup. Rencananya motor ini mau aku gadaikan,” ujar pelaku yang terlihat dalam keadaan lingulung, Jumat (16/5/2014) di Mapolres OI.

Sementara itu, pemilik sepeda motor yakni Idul mengatakan, pada saat kejadian dirinya tengah tertidur pulas di lapak pedagang semangka.

Kapolres OI AKBP Asep Jajat Sudrajat SIk didampingi Kasat Reskrim AKP Suhardiman SH bersama Kanit Pidum IPDA Marwan menerangkan, pihaknya telah mengamankan pelaku berikut barang bukti.

“Atas perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 363 Tentang Pencurian dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,” pungkasnya.

 

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Imron Supriyadi

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster