Prihal STKIP Serasan, Amin: Cari Jalan Terbaik

 336 total views,  4 views today

 

Kepala Disdikbudpora, PALI, Drs M Amin MM

Kepala Disdikbudpora, PALI, Drs M Amin MM

PALI – Ditetapkannya status ilegal,  Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Serasan Kelas Jauh di Pendopo Talang Ubi oleh Kopertis wilayah II, Palembang, membuat Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora), Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), prihatin.

Kepala Disdikbudpora, PALI, Drs M Amin MM, mengatakan, dampak permasalahan ditutupnya STKIP Serasan Kelas Jauh yakni terkantungnya nasib 21 mahasiswa baru.

Menurutnya, para mahasiswa kini sedang dilanda kebingungan mengenai nasibnya. “Seluruh mahasiswa resah dan bingung,” ucapnya.

Namun, sambung Amin, pihaknya  tidak dapat berbuat banyak apalagi ikut campur dalam permasalahan tersebut. “Kita Disdikbudpora tidak punya wewenang turut campur dalam masalah tersebut. Karena Dinas kita sendiri tidak membidangi perguruan tinggi. Kewenangan itu ada di Diknas Propinsi dan Kopertis,” ucap Amin.

Amin menambahkan, sebagai pelaku di dunia pendidikan, dirinya berharap agar kedua belah pihak, baik dari pihak yayasan maupun para mahasiswa yang menjadi korban agar dapat musyawarah mencari jalan keluar terbaik (win-win solution).

“Sebagai pemerhati pendidikan, saya secara pribadi prihatin. Carilah jalan terbaik,” sarannya.

Dia berharap, kasus ini dapat menjadi pembelajaran bagi semua pihak. Ia pun menghimbau kepada orang-orang yang punya keinginan berinvestasi di Perguruan Tinggi (PT) agar terlebih dahulu mengurus izin-izin untuk pendiriannya, termasuk dari Kopertis.

“Yang jelas, sebagai warga negara yang baik, siapapun dia patuhi dulu koridor hukum. Kasus ini mesti menjadi pembelajaran bagi kita semua,” imbuhnya.

Dirinya berpesan, kepada mahasiswa baru STKIP Serasan untuk tidak patah semangat. Ia berharap, para mahasiswa dapat terus melanjutkan kuliah, dimanapun.

“Kuliah dimana saja pada dasarnya sama. Yaitu mengisi otak dengan ilmu pengetahuan dan awasan. Kalau soal rezeki, Tuhan yang mengatur,” tutupnya.

Seperti diketahui, STKIP Serasan yang membuka kelas di Pendopo Talang Ubi, dinyatakan ditutup oleh Kopertis Wilayah II, November tahun lalu.

 

Teks   : Indra Setia Haris

Edito   : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster