Penyerapan Tenaga Kerja Minim

 211 total views,  2 views today

Ilst. Job Hunter

Ilst. Job Hunter

PALEMBANG – Data Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang, tercatat ada 3.600 perusahaan yang beroperasi di metropolis. Namun penyerapan tenaga kerja, masih sangat minim. Hal tersebut terbukti, dari bursa kerja yang dilaksanakan Disnaker beberapa waktu lalu, yang hanya mampu menyerap 0,8 persen pencari kerja.

“Penyerapan tenaga kerja, masih minim. partisipasi perusahaan juga masih sangat rendah, padahal kami sudah beberapa kali meminta perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Palembang untuk memprioritaskan putra daerah dalam rekrutmen tenaga kerja mereka,” kata Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Kerja (Penta), Disnaker Palembang, Darminto yang dihhubungi, Kamis (15/5).

Darminto menyebutkan, data Disnaker menunjukkan pada Januari-April 2014, angka penacri kerja di Palembang mencapai dua ribu lebih, sementara kebutuhan kerja tak lebih dari 0,8 persen dari data pencari kerja. “Makanya peran serta perusahaan yang ada saat ini, masih sangat minim. Kami harapkan peran serta perusahaan, untuk menekan angka pengangguran di Palembang,” ucapnya.

Menurutnya, Disnaker sudah melakukan berbagai usaha untuk menekan angka pengangguran.  Misalnya dengan membuka job fair, dan koordinasi dengan perusahaan untuk menyediakan lowongan kerja.

“Saya contohkan minimnya peran serta perusahaan, ketika job fair yang diadakan 23-24 April lalu, pencaker ada 5.000 orang, sementara untuk lowongan kerja hanya 2.000 saja. Ini kan tidak sepadan, seharusnya bisa lebih besar lagi,” harapnya.

Darminto berharap, semua perusahaan apabila membutuhkan tenaga kerja bisa berkoordinasi dengan Disnaker. Sehingga, Disnaker terangnya, bisa mengumumkan hal tersebut ke website Disnaker Kota Palembang. “Selain itu, kami juga harapkan, pihak perusahaan yang baru menerima tenaga kerja, dapat melapor, sehingga kami bisa melakukan pendataan,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster