Pasokan Cabai Merah Melimpah Harga Turun

 189 total views,  2 views today

Cabai

Ilustrasi Cabai

PALEMBANG – Persediaan cabai Merah di pasar tradisional berlimpah awal pekan ini. Namun, Kondisi praktis membuat harga cabai merah merosot secara signifikan. Bahkan dapat dikatakan anjlok.

Pantauan di Pasar Km 5 Palembang, Kamis (15/5), harga cabai merah yang dijual pedagang secara eceran sebesar Rp 12 ribu per kilogram. Sementara sebelumnya harga cabai mencapai Rp 16 hingga Rp 20 ribu perkg.

“Cabai merah Rp 12 ribu per kilogramnya dan ini sudah turun kembali,” ungkap Titik, pedagang di Pasar Km 5.

Ditambahkan Titik, sejak akhir pekan kemarin, pasokan cabai merah memang melimpah. Pasokan cabai merah didatangkan dari Pagaralam dan Curup Bengkulu. Sementara cabai dari pulau Jawa masih tetap sedikit karena disetiap tempat banyak yang gagal panen.

“Mungkin karena pasokan melimpah, jadi harganya turun,” tambah Titik.

Dikatakannya, di saat harga cabai merah turun, sementara harga bawang merah yang naik. Dimana harga bawang merah semula Rp 20 ribu per kilo saat ini mencapai Rp24 ribu per kilo.

“Di saat mendekati bulan Ramadan hampir rata-rata harga bahan pokok naik, seperti cabai merah dan bawang merah yang sudah fluktuatif. Untuk bawang putih tetap berada di harga normal,” ungkapnya.

Senada dengan Titik, Nora, pedagang Pasar Kuto Palembang mengatakan hal yang sama bahwa hargai cabai merah saat ini berangsur normal namun dia tidak tahu apakah nanti akan terjadi kenaikan lagi.

“Mungkin minggu depan akan naik lagi karena kita pedagang tidak tahu kapan naik kapan turun, tapi yang pasti mendekati Ramadan harga bahan pokok mulai dari sayur – sayuran, daging ayam dan daging sapi akan mulai naik harganya,” tukasnya.

Rita salah satu konsumen mengatakan, harga cabai yang turun menjadi berkah tersendiri bagi para ibu rumah tangga. Pasalnya mereka bisa membeli cabai cukup banyak untuk distok.

“Dengan harga cabe Rp 12 ribu jadi kita manfaatkan untuk membeli banyak dan kita stok,” ujarnya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster