Kuartal Pertama, XL Raih Pertumbuhan Rp. 5,5 T

 249 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – PT XL Axiata Tbk. (XL), perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia  hari ini mengumumkan hasil pencapaian kinerja keuangan selama kuartal pertama (1Q) 2014 dengan hasil yang baik di setiap layanan yang didorong oleh pertumbuhan layanan Data.

XL meraih pertumbuhan kinerja yang meyakinkan sebesar Rp 5,5 triliun atau 10% dari tahun lalu, yang didorong oleh momentum pertumbuhan pendapatan layanan Data yang mencapai 30%, serta pertumbuhan layanan percakapan dan SMS sebesar 3% dan 2% dari tahun lalu.

Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi melalui Siaran Pers mengatakan, mengawali tahun ini dengan pencapaian kinerja yang meyakinkan meskipun tantangan yang kita hadapi dari kompetisi dan trend pelemahan kinerja di setiap kuartal pertama. XL mencetak pertumbuhan 1% dari kuartal lalu dimana pencapaian kinerja ini merupakan pertumbuhan terbaik untuk kinerja kuartal pertama dalam tiga tahun belakangan ini dan melebihi pertumbuhan industri di kuartal pertama ini.

“Fokus XL saat ini pada layanan Data, karena pada layanan ini meberikan kontribusi yang cuku besar mencapai 26 persen dari total pemakaian pendapatan, meningkat dari 22 persen tahun lalu. Kami juga berhasil mendorong kembali pertumbuhan layanan Percakapan dan SMS. Layanan Percakapan dan SMS memberikan hasil yang positif dengan pertumbuhan masing-masing 3 persen dan 2 persen dari tahun sebelumnya,” katanya, Kamis (15/).

Ditambahkannya, untuk pelanggan Data XL meningkat menjadi 37,5 juta pelanggan atau mencakup 55 persen dari total pelanggan XL. Seiring dengan pertumbuhan pendapatan layanan Data, pertumbuhan trafik juga mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 176 persen dari tahun lalu.

“Ini merupakan hasil dari upaya XL yang terus berusaha menyediakan layanan yang sederhana (simple) namun terjangkau bagi pelanggan,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan posisi XL terutama di layanan Data di pasar, XL bekerjasama dengan Samsung untuk paket bundle handset. Ini merupakan salah satu fokus XL untuk menfasilitasi penggunaan layanan Data dengan device yang tepat untuk jaringan XL.

“Di dunia Social media, XL telah dikenal baik dengan memiliki lebih dari 3 juta penggemar di XL Rame di Facebook. Pencapaian ini membuat XL sebagai operator nomor satu se-Asia Tenggara yang memiliki penggemar paling banyak di Facebook,” katanya.

Hasnul mengungkapkan, sebagai komitmen kami untuk menyediakan layanan Data yang lebih baik kepada pelanggan kami terus menambah Node B dan BTS di berbagai wilayah di Indonesia. Selama kuartal pertama 2014, kami telah berhasil memiliki 14.945 Node B atau meningkat 12% dari tahun lalu, dengan total BTS 2G dan 3G berjumlah 45.600 BTS.

“Tahun ini merupakan tahun yang penting untuk XL karena kami telah menerima anggota baru kami, yaitu AXIS. Kami telah resmi menandatangani transaksi akusisi pada 19 Maret 2014, dan diikuti dengan merger pada 8 April 2014. Sebagai hasilnya, XL dan AXIS  sekarang menjadi satu entitas bisnis,” ungkapnya.

XL juga telah membelanjakan Rp 1,6 triliun dalam belanja modal yang menggunakan kombinasi dana internal dan hutang untuk terus berinvestasi pada jaringan infrastruktur data. Selama kuartal pertama 2014, jumlah hutang XL meningkat menjadi Rp 28,4 triliun dari tahun sebelumnya Rp 14,7 triliun, dan hutang bersih/EBITDA meningkat dari 1.5x menjadi 2.9x, yang disebabkan oleh akuisisi AXIS.

“Pada RUPS yang diadakan pada 22 April 2014, para pemegang saham telah memberikan persetujuan untuk pembayaran dividen yang diajukan sebesar 30% dari laba tahun 2013 setelah penyesuaian,” tutupnya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster