15 dari 25 DPRD Pagaralam Muka Baru

 1,888 total views,  4 views today

DPRD

PAGARALAM – Pasca penetapan Kursi dan Caleg terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pagaralam periode 2014-2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Akhirnya,  dari 25 anggota DPRD Pagaralam, 15 orang diantaranya merupakan wajah baru. Sementara 10 orang sisanya merupakan wajah lama yang kembali terpilih menduduki jabatan lima untuk tahun kedepan.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Pagaralam, Hendri melalui Divisi Hukum Yenli Elmanoferi mengatakan, berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam, untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) tingkat Kota Pagaralam, Partai Golongan Karya (Golkar) menduduki ranking pertama. Partai berlambang pohon beringin ini hanya mengungguli sebanyak 50 suara dari Partai Gerindra.

“Jumlah suara sah partai dan suara calon untuk Partai Golkar sebanyak 10.057 suara. Disusul Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan jumlah perolehan suara sah partai dan suara calon sebanyak 10.007 suara. Posisi ketiga diraih Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dengan jumlah perolehan suara sah partai dan suara calon sebanyak 9.165 suara. Posisi kempat dan kelima masing-masing dipegang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 9109 suara dan Partai Bulan Bintang (PBB) 7451 suara,” terangnya.

Kemudian kata Yenli, untuk posisi keenam dan ketujuh di isi Partai Amanat Nasional (PAN) 6.958 suara  dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) 5.930 suara sah. Kemudian posisi kedelapan dan kesembilan diisi Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dengan jumlah perolehan suara sah partai dan suara calon masing-masing sebanyak 5928 suara dan 5764 suara.

“Sedangkan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) masing-masing berada di posisi sepuluh dan sebelas, dengan jumlah perolehan suara sah partai dan calon sebanyak 5587 suara dan 4804 suara. Sementara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) diluar dugaan, berada di posisi terakhir dengan perolehan suara sebanyak 3603 suara,” jelasnya.

Ia mengatakan, dari 12 parpol peserta pemilu yang berkompetisi merebutkan 25 kursi DPRD Kota Pagaralam periode 2014-2019, diantaranya 10 orang muka lama yakni Ruslan Abdul Gani dan Efsi dari Partai Golkar. Massagus Toyib dan Armansyah dari Partai Bulan Bintang (PBB). Nanto dan Alpian dari  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dedi Stanza dari Partai Gerindra. Yumiza dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ujang Sahrul Khairi dari Partai Demokrat. Pandim Firmansyah dari partai Hanura.

“Sedangkan muka baru sebanyak 15 orang, diantaranya Jenny Shandiyah, M Fadli dan Darmawi dari Partai Nasdem. Dessy Siska dan Yuliansi dari Partai Gerindera. Tanharudin dan Sahardi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Kadino dan Abdul Fikri Yanto dari  Partai Keadilan Sejatera (PKS). Zafeni dari Partai Golkar. Nurbaiti Rahim dari Partai Bulan Bintang (PBB). Geo Ferlando dari Partai Demokrat. Juliansyah dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Kasno Fandri Tohari dari Partai Keadilan dan persatuan Indonesia (PKPI) dan Dedi Irawan Gumay  dari Partai Amanat Nasional (PAN),” kata Yenli, kemarin (15/5).

Diketahui, Jumlah keseluruhan  pemilih sebanyak 104.019 mata pilih, tetapi hanya 87.089 orang yang menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April lalu. Sementara suara yang dinyatakan sah sebanyak   84.363 suara. Artinya, tingkat partisipasi pemilih pada Pileg 9 April lalu tergolong cukup dominan.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster