Galian C Ditutup Paksa

 123 total views,  2 views today

 

INDRALAYA – Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI), melalui Dinas Pertambangan, Energi, dan Lingkungan Hidup (Distamben LH), Ogan Ilir, terhitung sejak 1 Mei menutup paksa beberapa galian C yang berada di Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Ogan Ilir.

Penutupan tersebut terkait tidak adanya izin operasi yang dimiliki pengusaha galian c serta keluhan dari warga Srijabo Kecamatan Sungai Pinang, yang bising dengan aktivitas tersebut. Selain itu, tergerusnya tanah sungai juga alasan dengan penutupan tersebut.

Kepala Dinas Pertambangan, Energi, dan Lingkungan Hidup, Taher Ritonga melalui Seketarisnya, Tris mengatakan, sejak 1 Mei lalu, galian C di Desa Srijabo, Kecamatan Sungai Pinang resmi ditutup. Hal itu mengingat tidak adanya izin penambangan serta banyaknya keluhan dari masyarakat.

“Ya sudah ditutup total, tidak bisa lagi di buka. Meskipun mau membuat izin, tidak dilayani, karena memang galian C ini sangat mengganggu lingkungan sekitar,” ujarnya, kemarin

Ia menambahkan, yang menjadi pertimbangan pihaknya menutup total galian C tersebut lantaran berada di dipinggir jalan serta mengganggu aktivitas pengguna jalan.

“Jika pengusaha galian C mau buka diseberangnya tidak masalah. Disebarang sepi, kami yakin tidak menganggu. Tapi kalau buka lagi ditempat bisa tidak diperbolehkan lagi,” ucapnya.

Sementara itu, penutupan tersebut ditolak para pekerja galian. Pasalnya, para pekerja kehilangan mata pencarian sehari-hari.

“Yang pasti kami berharap, agar galian C berupa pasir ini dibuka lagi, tentunya pihak pengusaha penggalian C berupa pasir ini harus mengurus izinnya,” ujar salah satu pekerja ini yang menolak namanya dikorankan.

Menurutnya, dengan penutupan tersebut, para pekerja bingung untuk mencari pekerjaan lain. “Kalau begini kami hilang pekerjaan, mau cari kemana kami pekerjaan,  musim ini, cari kerja bukan mudah,” ujarnya, kemarin.
TEKS     :  JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster