Empat Caleg Gugat ke MK ?

 340 total views,  2 views today

MK

Ilustrasi Gedung MK | Dok KS

EMPAT LAWANG – Pasca penetapan 35 Calon Legislatif(Caleg) terpilih periode 2014-2019 oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah(KPUD) Empat Lawang, sejumlah Caleg dikabarkan tidak menerima hasil keputusan KPU dan telah mendaftarkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Caleg dimaksud antara lain, dari Partai Hanura Dapil II (Lintang Kanan-Muara Pinang), Eliya Syukur, Caleg Demokrat Dapil I (Tebing Tinggi-Saling), Herman Rusul, Caleg PDIP Dapil IV (Ulumusi-Paiker-Talang Padang), Rendy Andrea Saputra dan terakhir A Fahruruzam, Caleg Partai Bulan Bintang Dapil III (Pendopo-Pendopo Barat-Sikap Dalam).

Dari keempat caleg tersebut, Eliya Syukur dan Rendy Andrea Saputra mengkonfirmasi kebenarannya. Keduanya telah mendaftarkan gugatan ke MK.

“Iya betul, saya Insyaallah akan registrasi gugatan ke MK,” aku Eliya Sukur, kemarin (12/5/2014).

Ia sendiri mengaku akan menggugat sejumlah kecurangan diduga terjadi, diantaranya dugaan penggelembungan suara disejumlah TPS di Kecamatan Muara Pinang.

“Ada penggelembungan di Muara Pinang, dan itu akan saya laporkan,” tuturnya.

Sementara itu Rendy Andrea dihubungi via Blackbarry membenarkan dirinya sudah mendaftarkan gugatan ke MK, Senin (12/5/2014) sekitar pukul 20.00 WIB. Politisi PDI Perjuangan ini menggugat KPUD yang telah menetapkan rekan separtainya dengan dugaan penggelembungan suara dibeberapa TPS di Kecamatan Ulumusi.

“Kita yakin karena kita benar dan tidak curang, makanya kita perjuangkan dengan menggugat ke MK,” kata Rendy, kemarin.

Dia pun mengakui, niat mengajukan gugatan sudah mendapat restu dari partai, termasuk ketua DPC PDI Perjuangan Empat Lawang.

“Ketua dan Sekjen mendukung,” akunya.

Diinformasikan juga, Herman Rusul merupakan Ketua DPC Demokrat Empat Lawang diyakini menggugat ke MK dengan bukti-bukti adanya Money Politic, sebelumnya Ia sempat menyatakan tidak menerima hasil yang ditetapkan oleh KPUD dan akan menggugat hingga ke MK. Namun hingga berita ini diturunkan Herman Rusul dan Fahruruzam belum bisa dikonfirmasi kembali.

Secara terpisah, Anggota KPUD Empat Lawang, Iskandar Imran mengatakan, semua yang ditetapkan oleh pihaknya merupakan hasil yang nyata sesuai fakta yang ada. “Silahkan jika ada gugatan, ada tempatnya, yang jelas pekerjaan kami sudah sesuai aturan yang ada,” jelas Iskandar.

Ketua Panwas Empat Lawang, Zawani, ST menyampaikan hal yang sama, dia mempersilahkan jika caleg ada keberatan dengan hasil rekapitulasi dan penetapan pleno KPUD Empat Lawang.

“Itu hak mereka, kan mereka sudah mengisi formulir DB 2 dari KPU. Silahkan saja mengajukan keberatan ke Mahkamah Konstutusi. DB 2 itu yang diperlukan,” imbuh Zawani.

 

TEKS     :  SAUKANI
EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster