BNI di Kuartal Pertama Melambat

 352 total views,  2 views today

bni

PALEMBANG – Chief Executive Officer BNI Regional Palembang Siwi Peni kepada Harian Umum Kabar Sumatera, Selasa (13/5) mengatakan, Bank BNI mencatat kinerja kuartal pertama tahun ini belum tumbuh agresif seperti yang diharapkan. Sebab, kinerja awal tahun ini mengikuti perkembangan market ekonomi yang cenderung mengalami pelemahan.

“Ada beberapa faktor yang membuat kinerja perbankan tidak terlalu agresif di kuartal pertama. Selain memang karena siklus ekonomi yang memang rentan pada awal tahun, faktor persaingan industri perbankan yang semakin ketat turut memberikan andil. Di sisi lain, makro ekonomi juga kurang mendukung sebab beberapa komoditas yagn menjadi unggulan masih sulit untuk beranjak dari keterpurukan,” katanya.

Untuk segmen tertentu, tingkat persaingan perbankan sangat ketat di 2014 ini, makanya ketika persaingan sangat ketat sangat sulit untuk melakukan penetrasi bisnis. Apalagi komoditas unggulan di Sumbagsel seperti karet, sawit, batubara dan timah belum terlalu bagus. Harga di tingkat pasar domestik masih sangat rendah. Sementara produk unggulan tersebut memiliki orientasi ekspor.

“Bagi perbankan menggarap bisnis yang memiliki orientasi ekspor merupakan garapan paling bagus, tak heran hampir semua bank tertarik untuk menggarap segmen tersebut,” tambahnya.

Perekonomian yang memiliki basis ekpor, kata Siwi, jangka waktu bisnisnya sangat lama, meski harganya saat ini sedang tergelincir, namun prospek untuk kembali bangkit sangat terbuka. Apalagi komposisi perekonomian yang berbasis ekpor akan bergantung dengan kondisi ekonomi global.

“Secara tidak langsung, saat ini Negara tujuan ekspor komoditas unggulan Sumsel seperti negara-negara Asia dan Eropa juga mengalami gejolak ekonomi,” katanya.

 

TEKS      : AMINUDDIN
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster