ATM BCA Nyaris Dibobol

 271 total views,  2 views today

Kondisi ATM yang Nyaris di Bobol

Kondisi ATM yang Nyaris di Bobol

PALEMBANG – Aksi pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) kembali terjadi, kali ini, Selasa (13/5), sasarannya adalah ATM milik Bank Central Asia (BCA) yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Nomor 09, RT 003 tepatnya di depan Detasemen Polisi Militer (Denpom) atau disamping Duta Elektronik.

Pantauan Kabar Sumatera, kondisi mesin ATM milik salah satu bank swasta terbesar di Indonesia itu, sudah rusak dibagian casing nya. Diduga pelaku, berusaha untuk membobol mesin ATM yang berada bersampingan dengan ATM CIMB Niaga dan ATM Bank Danamon tersebut namun gagal, mengambil uang yang ada di dalam mesin ATM tersebut.

Informasi yang dihimpun, kejadian ini baru diketahui sekitar pukul 04.00 WIB. Saat itu, Eko Saputra (28), salah satu Satpam yang bertugas menjaga keamanan di kompleks pertokoan tersebut bermaksud hendak mengecek kondisi ATM Bank Danamon.

“Kami lagi menonton televisi, ketika mau keluar mengecek ATM Bank Danamon, saat itu saya lihat pintu mesin Bank BCA telah terbuka dan casing mesin nya dirusak. Sebelumnya saya sempat melihat ada dua orang naik motor langsung melarikan diri,” kata Eko yang dibincangi, kemarin.

Sebenarnya terang Eko, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pemilik rumah toko (ruko) yang menjadi lokasi ATM tersebut berada, sudah menutup jalan ketika malam. Namun pihak bank, yang memiliki ATM di kompleks ruko tersebut mengkomplain kebijakan tersebut, sebab dinilai membatasi hak nasabah yang ingin melakukan transaksi. “Jalannya dulu sempat ditutup jika malam, tapi sekarang dibuka lagi, karena permintaan dari bank yang memiliki ATM disini,” ucapnya.

Sementara itu, Imat Rohimat (25) pengelola mesin ATM dari Advantage menjelaskan pengrusakan mesin ATM milik BCA tersebut, sebenarnya sudah terpantau dari monitor di kantornya.

“Karenanya, kami langsung meluncur ke tempat kejadian untuk melakukan pengecekan. Mesin ATM ini, baru dua hari yang lalu diisi uang Rp 115 juta. Untungnya pelaku tidak sempat membawa kabur. Nanti kita bisa membuka rekaman CCTV, yang dipasang di dalam ATM, untuk digunakan sebagai barang bukti,” jelas Imat.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Kemuning, AKP Nuraini saat dibincangi di tempat kejadian perkara (TKP) menyebut sudah melakukan penyelidikan untuk bisa mengungkap siapa pelaku yang berusaha untuk membobol ATM BCA tersebut.

“Kami akan meminta rekaman CCTV, yang terpasang di dalam mesin ATM tersebut guna penyelidikan awal, untuk mengungkap identitas dan fisik pelaku pembobolan tersebut. Di wilayah hukum Kemuning sendiri, tahun ini baru satu kali terjadi pembobolan mesin ATM,” tukasnya.

 

TEKS             : OSCAR RYZAL

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster