Terkait Pemecatan oleh PT BSM, Puluhan Buruh Datangi Disnakertrans

 235 total views,  2 views today

BANYUASIN – Puluhan buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Wilayah Sumsel, Senin (12/5), menggelar aksi unjuk rasa menuntut kejelasan nasib dua rekanya yang dipecat, dan satu orang lainya di PHK oleh  PT Bayupatria Sukses Mandira (BSM)

Sembari membawa sepanduk berbagai tulisan  “stop union busting”, “bayar upah sesuai upah minimum provinsi (UMP)”, “penuhi jaminan ketenagakerjaan”, “pekerjakan kembali pekerja yang di PHK”, dan ‘hapuskan kerja kontrak”, puluhan buruh tersebut meminta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banyuasin, dapat menyelesaikan persoalan tersebut.

Selain meminta kejelasan masa juga meminta kepada perusahaan agar segera memecat Manager PT BSM, Mujahidin, terkait pemecatan dan PHK tersebut. Usai melakukan orasi, 13 perwakilan buruh  melakukan pertemuan dengan Disnakertrans Banyuasin,  yang langsung dihadir Kepala Disnakertrans Banyuasin, Yos Karimudin, Kasi Pengawasan Matnursalin, dengan mediator Dapot Siregar.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Disnakertrans Yos Komarudin mengatakan, Disnakertrans akan memfasilitasi penyelesaian konflik antara karyawan PT BSM dengan manajemen perusahaan tersebut.

Bahkan kata Yos, Disnakertrans sudah memerintahkan PT BSM untuk membayar upah karyawannya, sesuai dengan UMP. “Dari konfirmasi Disnakertrans Sumsel, PT BSM ini masuk kategori dengan UMP Rp1.925.000. Untuk itu, kami sudah perintahkan PT BSM segera membayar upah karyawannya sesuai dengan UMP,” terang Yos.

Sementara itu Manajer PT BSM, Mujahidin, mengatakan pemecatan terhadap salah satu karyawan tersebut dilakukan karena karyawan tersebut dengan sengaja memasang nama plang organisasi, tanpa ijin di dalam mess karyawan,

“Jelas itu tidak diperkenankan, Sementara, terkait tidak bekerjanya dua orang karyawan lainnya, itu bukan di PHK, tapi masa kontrak mereka memang sudah habis. Artinya, untuk kedua orang itu tidak pernah di PHK,” tukasnya.

 

TEKS            : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster