Penonaktifan Komisioner KPU Mura Diperpanjang

 205 total views,  2 views today

kpu

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) memutuskan memperpanjang masa non aktif untuk semua Komisioner KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura). Bahkan, komisioner KPU Mura pun terancam akan dijerat dengan pidana pemilu.

Perpanjangan penonaktifan komisioner KPU Mura ini disampaikan Ketua KPU Sumsel, Aspahani ketika dibincangi disela-sela rapat pleno penetapan calon anggota legislatif (caleg) DPRD Mura terpilih, Senin (12/5) di KPU Sumsel, Jalan Gubernur HA Bastari, Jakabaring, Palembang.

Aspahani menyebut perpanjangan masa non aktif komisioner KPU Mura itu dilakukan, karena komisioner KPU Mura dinilai, melanggar ketentuan yang menjadi acuan bagi penyelenggara pemilu.

Bahkan sebut Aspahani, komisoner KPU Mura ditengarahi melanggar etik, adminsitrasi dan pidana. “Penonaktifan ini akan kami cermati lagi, sebab ada dua surat baik dari KPU RI, maupun Bawaslu guna memperpanjang penonaktifan terhadap komisoner KPU Mura, sampai ada putusan hukum yang permanen (kekuatan hukum tetap). Sampai sekarang kita belum tahu seperti apa hasil proses terhadap mereka, apakah pidana atau pelanggaran pemilu lainnya,” jelas Aspahani.

Menurut Aspahani, proses hukum terhadap komisioner KPU Mura masih berjalan. Bawaslu juga telah berjanji, akan segera menuntaskan permasalahan komisioner KPU Mura. “Tentunya, kalau memang harus diberhentikan permanen, kita menunggu rekomendasi dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Sebab, kewenangan kami hanya sebatas menonaktifkan yang bersangkutan saja,” tuturnya.

Sementara itu, Komisoner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi, Ahmad Naafi menambahkan, untuk tahapan menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) di Mura, persoalan teknis diserahkan ke Sekretariat KPU Mura.

“Untuk meringankan tugas kita disana (Mura), kita mempercayakan juga masalah teknis. Apalagi pilpres sudah dekat, mereka kami yakin mempu melaksanakan itu semua, tentu dengan dibawah kendali kami (KPU Sumsel) langsung,” tukasnya.

Sebelumnya seperti diberitakan Kabar Sumatera, semua komisioner KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura), di non aktifkan oleh KPU Sumsel. Keputusan itu diambil, setelah komisioner KPU Mura tak mau bertanggung jawab dengan hasil Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) di kabupaten tersebut.

“Untuk sementara waktu, semua komisioner KPU Mura di non aktifkan. Tugas-tugas KPU Mura untuk rekapitulasi suara, diambil alih oleh KPU Sumsel,” kata Komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi dan Kampanye, Ahmad Naafi ketika dihubungi, Jumat (2/5/2014) lalu

.

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR          : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster