Hidup Bersih Wujud Kepedulian Lingkungan

 293 total views,  2 views today

PAGARALAM  – Upaya meningkatkan kebiasaan hidup bersih begitu berperan penting di dalam kehidupan. Kebiasaan ini hendaknya mulai ditanamkan pada anak usia dini. “Kita membimbing anak didik agar selalu menjaga kebersihan lingkungan setiap harinya hingga tempat tinggal masing-masing ,” kata Kepala TK Model Nurhayana SPd, kemarin (12/5).

Menurutnya, langkah ini diambil pihak sekolah agar anak didik dapat menanamkan kebiasaan jiwa bersih yang dimulai dari menjaga kebersihan lingkungan sekolah hingga tempat tinggal masing-masing.

“Ya, kita selalu membimbing anak-anak agar dapat memperhatikan keadaan lingkungan sekolah menjelang dan sesudah belajar,” terangnya.

Menanamkan jiwa bersih kepada anak didik lanjutnya, begitu penting ditanamkan sejak dini. Seperti membuang kertas dan plastik yang ada disekitar kelas kedalam bak-bak penampungan yang telah disediakan. Kemudian membiasakan diri untuk mencuci tangan dan menggosok gigi sebelum dan sesudah melaksanakan proses pembelajaran yang diselenggarakan.

“Langkah ini sebetulnya menumbuhkembangkan kreatifitas anak didik agar terbiasa dan peduli terhadap kebersihan lingkungan secara perlahan-lahan,” ujarnya seraya berkata diharapkan kebiasaan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah hingga di rumahnya masing-masing.

Ia menambahkan, budaya hidup bersih sangat penting ditanamkan sejak dini dengan cara dibimbing agar anak didik secara perlahan dapat menumbuhkan jiwa kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar.

“Semoga langkah ini dapat semakin berarti dalam memberikan pengetahuan terhadap anak usia dini,” kata Nurhayanah seraya berujar dengan begitu para anak didik dapat mengimplementasikan apa saja yang telah diajarkan ini dapat bermanfaat hingga dewasa nanti.

 

TEKS     : ANTONI STEFEN
EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster