Guru Jangan Hanya Ngurusi Administrasi

 553 total views,  2 views today

Dr Kasinyo – Dekan Fak.Tarbiyah IAIn RF Palembang

Dr Kasinyo – Dekan Fak.Tarbiyah IAIN RF Palembang

FOTO : Dr Kasinyo – Dekan Fak.Tarbiyah IAIn RF Palembang

PALEMBANG – Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang, Dr Kasinyo Harto mengatakan, mulai saat ini dan seterusnya, guru tidak boleh terlalu banyak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang bersifat administratif, sehingga nyaris tidak memiliki waktu mengawasi siswanya. Sebab, bukan tidak mungkin akibat keterbatasan waktu yang dimiliki guru dalam mengawasi siswa, dapat menjadi penyebab tindak kekerasan terjadi di sekolah.

Hal itu dikatakan Kasinyo menanggapi sejumlah kasus kekerasan yang terjadi di sekolah. Kasus teranyar tewasnya  Renggo, siswa sekolah dasar di Kampung Makasar, Halim Perdana Kusumah, Jakarta Timur, pekan silam akibat ulah kakak kelasnya.

Lebih lanjut, Kasinyo menegaskan, bukan tidak mungkin kasus tewasnya Renggo ini menjadi akibat dari keterbatasan guru dalam mengawasi siswa, apalagi ketika siswa sedang istirahat.

Tetapi keterbatasan ini, menurut Kasinyo jangan sampai membuat guru lengah untuk mengawasi siswa. Oleh sebab itu, memaksimalkan pengawasan di lingkungan sekolah menurut Kasinyo, menjadi hal yang sangat penting dilakukan.  “Sebab kalau tidak, bukan tidak mungkin akibat keterbatasan waktu ini, dapat menjadi penyebab tindak kekerasan itu terjadi di sekolah,” tegasnya.

Kasinyo mengungkapkan, contoh bentuk pengawasan yang seharusnya dilakukan guru bila merujuk pada kasus Renggo, misalnya guuru harus curiga bila pintu kelas tertutup cukup lama.  “Dalam hal ini, pengawas sekolah jangan hanya datang, duduk, periksa administrasi, dan mencari kesalahan. Namun, pengawas hendaknya menjadi mitra efektif kepala sekolah, sekaligus ikut menjamin tidak terjadinya tindak kekerasan,” tegasnya.

Tetapi hal ini menurut Kasinyo, keterlibatan masyarakat, termasuk wali murid dan komite sekolah, juga penting. “Sehingga semua lembaga, anggota masyarakat harus berpartisipasi dalam mengawasi agar semua berjalan baik, bermakna, sejalan dengan prinsip pendidikan, dan terbebas dari kekerasan,” tambahnya.

Hal penting, menurut Kasinyo, selain melakukan pengawasan maksimal, di setiap lembaga pendidikan harus diupayakan pendidikan karakter anak bangsa. Pendidikan karakter kepada siswa ini, menurut Kasinyo, berkaitan dengan pendidikan etika, budi pekerti, sehingga siswa dapat mengerti tentang tata krama, sopan santun. “Saya kira ini harus segera dilakukan. Kalau tidak kita akan seperti ini terus,” tegasnya.

Menurut Kasinyo, diantara pendidikan karakter yang terpenting, menanamkan nilai-nilai agama terhadap siswa sejak dini. “Hal itu sangat penting karena dengan agama anak akan lebih mengerti sifat-sifat yang tidak diperbolehkan, atau mendorong siswa dapat membedakan antara yang baik dan yang tidak baik,” ujarnya kepada Kabar Sumatera, Senin (12/5).

Selain menanamkan nilai-nilai agama, menurut Kasinyo, lingkungan sekolah maupun keluarga harus menjadi lembaga prioritas dalam mendidikan psikologi anak. Sebab tanpa ada pendidikan kejiwaan di dalam sekolah dan keluarga akan mengakibatkan hal buruk terjadi. “Kekerasan yang mengakibatkan anak menjadi sensitif tersebut karena adanya faktor seperti tontonan, game, ataupun lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu mendampingi dan mendidik jiwa anak menjadi hal penting dilakukan oleh setiap orang dewasa,” katanya.

Sementara itu, Kepala MIN 1 Palembang, Fery Agus Wijaya mengatakan, sejumlah kekerasan yang belakangan ini menimpa siswa, sangat berdampak psikologis terhadap kejiwaan siswa lainnya. Diantara siswa juga merasa takut terhadap kasus itu. “Untuk mengatisipasi kekerasan terhadap siswa, kami telah melakukan beberapa cara diantaranya, melakukan kegiatan ekstra dengan menanamkan nilai-nilai agama terhadap siswa serta melakukan pendekatan terhadap siswa,” katanya.

 

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster