26 Dewan OKI Wajah Baru

 1,993 total views,  2 views today

KAYUAGUNG – Setelah Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)  melakukan Pleno penetapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terpilih periode 2014-2019. Akhirnya  dari ke-45 anggota DPRD OKI, 26 diantaranya adalah wajah baru, sementara 19 orang lainnya adalah wajah lama yang kembali terpilih untuk jabatan lima tahun kedepan.

Ketua KPUD OKI, Dedi Irawan SIp MSi mengatakan, dari total pemilih 539.187 mata pilih, yang menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April lalu sebanyak 453.000. Namun hanya 428.772 suara yang dinyatakan sah.

“Partisipasi pemilih pada Pileg 9 April lalu lumayan tinggi, sekitar 83 persen lebih,” ujar Dedi Irawan, Senin (12/5)

Dari hasil perolehan suara partai politik, kata dia, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memperoleh raihan kursi terbanyak yakni 9 kursi, disusul Partai Demokrat dengan 7 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN), Golkar dan Gerindra masing-masing 5 kursi, Partai Hanura 4 kursi, Partai Nasdem, PKB dan PKS masing-masing 3 kursi dan terakhir PBB dapat jatah 1 kursi.

“Dua partai tidak memperoleh jatah kursi di DPRD Kabupaten OKI, masing-masing Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan PKPI,” bebernya.

Namun demikian, lanjut Dedi, dari 45 anggota dewan OKI periode 2014-2019, sebanyak 26 orang adalah muka baru dan sisanya 19 orang adalah anggota dewan lama.

“Elektabilitas Partai Politik dan calon anggota legislatif juga ikut menentukan terpilih atau tidaknya yang bersangkutan untuk terpilih menjadi wakil rakyat,” tukasnya.

Seperti diketahui, 19 anggota dewan lama yang kembali terpilih untuk duduk di kursi DPRD OKI periode 2014-2019 adalah H Laharsen Murthado SH, HM Yusuf Mekki SSos, Agus Hasan SH, Agus Salim SE MM dan Juni Alpansuri dari daerah pemilihan 1. Lalu Elnaldi ST, Akhmad Mahidin SH MH dan Rohmat Kurniawan SE dari dapil 2.

Kemudian Novri Haryanto AMd dan Abdiyanto SH MH dari dapil 3. Dari dapil 4 yakni Jauhari AMa, Ni Wayan Siti Sunaryase SE, Arpan Hadi SH, Amirsyah SH dan Agus Masnanto SP MP. Dapil 5 masing-masing Made Indrawan ST MH, H Nawawi SH, Naryo SH dan Drs Kamaludin.

Sementara muka baru untuk dapil 1 masing-masing H Solahuddin Djakfar SH, Zumrowi, I Nyoman Warsayasa SPd, Abdul Hamid, Bambang Irawan SH, Asmawati dan Jhoni Tharmos. Dapil 2 yakni Febriansyah SP MM, Efredi Jurianto, Mulkan Yahuza dan Yusmin. Kemudian dapil 3 H Subhan Ismail, Hj Melly Mustika SE MM, Nanda SH, Budiman dan Depit. Untuk dapil 4 Meri SPd, HM Djakfar Shodiq, Marzuki, Dani Sukisno, Mahrim dan Triyoto. Terakhir dapil 5 diisi oleh H Agustam, Suwarsono, Heri Susanto dan Wayan Sude DE.

Sementara nama-nama anggota dewan lama yang tidak terpilih kembali, yakni Sudrono Asnawi, dari Partai Golkar, M Teguh, Partai Geridra, M Zen, PKS, yang kemudian pindah ke Partai Nasdem, Sang Dewi, dari PAN yang memilih mencalonkan diri untuk dewan provinsi Sumsel juga gagal, Krisnaldi, dari Golkar, dan lain sebagainya.

 

TEKS     : DONI AFRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster