Penerimaan Calon Siswa Polisi Tak Ada Penambahan Kuota dan Tes Ulang

 514 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi | Ist

PALEMBANG – Seleksi penerimaan calon siswa polisi (Casipol), Bintara periode 2014 terus berlanjut. Sebanyak 1.222 casispol ditambah tiga casispol yang baru bergabung lantaran tidak lulus seleksi penerimaan Akademi Polisi (Akpol), melaksanakan ujian (Pemeriksaan Kesehatan (Rikes), II  di Markas Komando (Mako), Brimobda Polda Sumsel.

Namun muncul isu tak bertanggung jawab dalam seleksi penerimaan Bintara Polri. Yakni, adanya info tentang ujian ulang akademik bagi yang tidak lulus dan adanya penambahan kuota brigadir.

Menanggapi hal itu, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Sumsel, Kombes Pol M. Mustaqim S.Ik  menegaskan, hal tersebut tidak benar. Dijelaskan, saat ini para Casispol sudah pada tahap tes Rikes II, sehingga tidak ada lagi yang namanya tes ulang. “Ini isu tidak bertanggung jawab. Bahkan informasi yang kita dapat, ada orang yang tak bertanggung jawab yang memberikan informasi itu kepada orang tua Casis, bahwa ada tes ulang pada Senin  (hari ini,red), serta memintai imbalan. Ini jelas tidak benar,” ungkap Mustaqim ditemui di Mako Brimob, Minggu (11/5).

Selain adanya informasi yang tak bertanggung jawab itu, juga ada informasi Casis yang dinyatakan lulus dimintai imbalan oleh oknum. Seolah-olah yang meluluskannya adalah oknum tersebut. Padahal pada tahapan seleksi penerimaan Polri melibatkan pengawas internal dan eksternal. Sehingga dalam seleksi penerimaan benar-benar bersih, transparan, akuntabel dan humanis (Betah). “Para orang tua Casis dan Casis yang ikut seleksi harus peracaya diri. Bila kalian lulus, berarti memang kalin yang berhak. Jadi jangan mudah terpancing oleh oknum yang seolah-olah mengatakan, dialah yang membantu kelulusan. Dalam seleksi ini, selain Polri juga melibatkan pihak luar untuk melakukan pengawasan,” tegasnya.

Selanjutnya, tahapan seleksi penerimaan Bintara  Polri gratis dan tidak dipungut biaya.  “Bila ada oknum maupun orang yang tak bertanggung jawab melakukan pungli dan penipuan maka bisa dilaporkan, agar bisa kita tindak tegas,” ujarnya.

Pantauan di Polda Sumsel, beberapa Casispol yang tidak lulus pada tes akademik sebelumnya tampak berkumpul di halaman Masjid Polda Sumsel. Mereka mengaku mendapat informasi akan ada  tes ulang dan penambahan kuota. “Katanya yang nilai diatas 31 bisa tes ulang. Tesnya hari Senin, tapi kumpulnya hari ini (kemarin, red). Info itu dari kawan,” ujar salah satu Casispol Polwan dari Banyuasin. Begitupun salah satu Casispol yang berasal dari Palembang mengaku kalau ada tes ulang pada hari Senin. “Aku juga dari kawan. Katanya

seluruh yang gagal disuruh kumpul hari ini (kemarin) karena bakal ada tes ulang besok (Senin),” ungkap Casipol yang enggan menyebutkan namanya.

 

TEKS : OSCAR RYZAL

EDITOR : JUNAEDI ABDILLAH





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster